Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

68. Analisis Efisiensi Alokatif Faktor-faktor Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Padi (Studi Kasus di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun)

ABSTRAK

Padi merupakan tanaman pangan yang menghasilkan beras sebagai sumber makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Tanaman padi merupakan tanaman pangan yang banyak  dibudidayakan oleh petani di Indonesia . Pada saat sekarang ini, intensifikasi pertanian perlu dilakukan disebabkan karena lahan pertanian yang semakin sempit akibat alih fungsi lahan pertanian menjadi non pertanian (500 Ha/tahun) dan akibat pengaruh era globalisasi. Intensifikasi tersebut merupakan pengolahan lahan pertanian yang ada dengan sebaik-baiknya untuk  meningkatkan  hasil  pertanian  dengan menggunakan  berbagai  sarana. Adapun sapta usaha tani dalam bidang pertanian meliputi kegiatan pengolahan tanah yang tepat, pengairan yang teratur, pemilihan bibit  unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit tanaman, pengolahan pasca panen dan pemasaran (Ashari, 2012).
Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, mengakibatkan permintaan akan pangan juga meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi permintaan tersebut adalah dengan melakukan usahatani pada komoditi padi. Desa Sambirejo  merupakan salah satu daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai desa sentra penanaman dan  pengembangan tanaman pangan padi  ini,  terletak  di  Kabupaten  Madiun.  Hasil  panen  pada  daerah  tersebut mencapai 6,55 ton/ha/gabah kering sawah (Kecamatan Saradan, 2011) Sehingga memiliki potensi yang cukup besar apabila dikelola dengan baik. Permasalahan yang dihadapi petani di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun adalah rendahnya produktivitas padi yang dihasilkan apabila dibandingkan dengan produktivitas kabupaten madiun yaitu sebesar 12,72 ton/ha. Rendahnya produktivitas tersebut disebabkan karena kurangnya tingkat pengetahuan   petani  disebabkan   karena rendahnya   tingkat   pendidikan   dan keterampilan,. Selain itu, kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan faktor- faktor produksi, pengelolaan usahatani dan teknologi yang masih sederhana menghasilkan produksi yang kurang maksimal. Namun, terdapat keterbatasan dalam faktor-faktor produksi bagi petani tadi, lahan, dan tingginya biaya produksi akan menjadi pertimbangan dalam upaya memaksimumkan keuntungan usahataninya. Sebab petani akan mempertimbangkan secara teliti bagaimana cara mengalokasikan sumber daya yang akan dicapai dalam kegiatan usahataninya. Sehingga hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang efisiensi alokatif faktor -faktor produksi usahatani padi di daerah penelitian.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  :  (1)  Menganalisis  faktor  produksi  yang berpengaruh pada usahatani padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten  Madiun,   (2)   Menganalisis   efisiensi  alokatif  penggunaan   faktor produksi yang berpengaruh terhadap produksi padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan,  Kabupaten Madiun, (3)Menganalisis pendapatan petani padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan kuisioner melalui kegiatan wawancara dan tabulasi data dan metode analisis data kuantitatif dengan fungsi produksi Cobb Douglas dan perhitungan pendapatan petani. Hasil yang diperoleh yaitu:

  1. Faktor-faktor produksi yang berpengaruh dalam kegiatan usahatani padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun adalah faktor produksi benih dan tenaga kerja.
  2. Hasil analisis efisiensi alokatif penggunaan faktor-faktor produksi usahatani padi menunjukkan alokasi penggunaan benih sebesar 1,24 kg/ha dengan hasil lebih dari 1, sehingga belum efisien secara alokatif. Agar penggunaan benih usahatani  padi  efisien, maka  perlu  dilakukan  penambahan  alokasi  benih sebesar 59,58 kg/ha.
  3. Teori   fungsi   produksi   Cobb-Douglas    memiliki    beberapa   kelemahan diantaranya Spesifikasi variabel yang kurang tepat, hal ini menyebabkan nilai elastisitas produksi yang  diperoleh  negatif atau  nilainya terlalu  besar  atau kecil. Sehingga penambahan jumlah benih sebesar 59,58 kg/ha sangat sulit untuk diaplikasikan di lapang, mengingat jumlah benih maksimal per hektar lahan sawah adalah 40 kg/ha.
  4. Rata-rata  total  penerimaan  petani  padi  di  daerah  penelitian  sebesar  Rp. 28.779.232,- dan rata-rata total biaya sebesar Rp. 9.545.414,-. Sehingga diperoleh nilai R/C rasio sebesar 3,01.
Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata usahatani padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun cukup menguntungkan, karena rata-rata nilai RC rasionya lebih dari 1. Saran untuk penelitian ini adalah (1) Kurang optimalnya penggunaan benih dapat diatasi dengan melakukan penambahan jumlah penggunaan benih, dimana harus disesuaikan dengan  luas  lahan yang  ada,  (2)  Perlu adanya  penyuluhan kepada petani mengenai teknik budidaya tanaman padi dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan bukan hanya di dalam keluarga petani saja namun secara global untuk kepentingan pasar, (3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait dengan adanya kelemahan-kelemahan dalam teori fungsi produksi Cobb-Douglas (4) Berdasarkan hasil analisis menggunakan RC rasio, bahwa rata-rata kelayakan usahatani di daerah penelitian telah layak untuk  dikembangkan. Petani  hanya perlu untuk menyesuaikan penggunaan input dengan biaya yang ada, sehingga bisa mencapat jumlah input yang optimal maka akan meminimalisir juga dengan biaya yang dikeluarkan oleh petani.

Kata kunci: Padi, Efisiensi, Usahatani, Fungsi Produksi, Pendapatan

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi