Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

79. Respon Petani Terhadap Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pupuk Organik Pada Tanaman Sawi Hijau (Brassica Rapa Var. Parachinensis)Dikelurahan Bontolebang Kecamatan Galesong Utara

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pembangunan pertanian yang sementara berlangsung di Indonesia dalam era reformasi saat ini dilaksanakan dengan upaya dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan standar hidup masyarakat. Namun demikian, dalam kurun waktu 30 tahun terakhir penerapan paket teknologi pertanian modern dengan input tinggi memang memberikan hasil panen yang tinggi, namun belakangan ini menimbulkan dampak negatif bagi manusia dan lingkungan (Winarso,2005).
Pada  tahun  1960-1970  teknologi  modern  dalam  bidang  pertanian  di Indonesia lebih dikenal dengan istilah revolusi hijau. Pada masa tersebut petani mampu melakukan swasembada pangan, namun dampak lain dari revolusi hijau adalah tingginya ketergantungan petani terhadap pemakaian pupuk dan pestisida kimiawi  yang berakibat pada kerusakan lingkungan dan peledakan hama atau penyakit tanaman.
Sejalan   dengan   makin   banyaknya   bahaya   yang   ditimbulkan   oleh penggunaan input kimia didalam sistem pertanian terhadap manusia dan lingkungan, maka dampak negatifnya menyebabkan terjadinya kerusakan sumberdaya tanah, air, udara, dan terhadap kesehatan manusia (Winarso, 2005). Konsep penerapan sistem pertanian organik sebagai bagian pertanian alternatif ramah lingkungan perlu  segera  dimasyarakatkan  kembali  untuk  merehabilitasi kondisi lahan yang sedang mengalami sakit dan degradasi produksi. Salah usaha untuk meningkatkan kesehatan tanah adalah membangun kesuburan tanah dengan cara menambah kandungan bahan organik melalui kearifan tradisional atau menggunakan   masukan   dari   dalam   usahatani   (on-farm   input)   itu   sendiri (Sutanto, 2003). Hal tersebut sejalan dengan Arifin (2005), bahwa pembangunan pertanian ke depan diharapkan mampu menjaga kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
Dalam rangka mendukung penerapan pertanian organik yang berkelanjutan, maka diperlukan inventarisasi agroekosistem yang mampu mempertahankan dan meningkatkan produksi tidak menyebabkan dampak terhadap lingkungan, mampu mengkonservasi dan mempertahankan produktivitas lahan secara ekonomi menguntungkan   dan   secara  sosial   budaya   dapat   dilaksanakan   oleh   petani (Salikin, 2003).
Secara umum beberapa respon petani terhadap penerapan sistem pertanian organik bahwa dengan menggunakan bahan-bahan organik  yang telah di daur ulang sebagai sarana produksi dalam berusahatani, maka secara perlahan-lahan dapat memperbaiki kembali kondisi lahan yang telah mengalami degradasi untuk berproduksi. Selain dari pada itu, respon petani bahwa pertanian organik yang ramah lingkungan salah satu alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan   sarana   produksi   sintetik.   Pemanfaatan   bahan   organik   (pupuk kandang,   jerami   dan   sisa-sisa tanaman   lainnya)   dan   berusahatani   adalah penerapan sistem pertanian yang selaras dengan alam.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi