Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Jilbab Dalam Perspektif Sosiologi (Studi Pemaknaan Jilbab Pada Mahasiswi Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan)

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang
Di kalangan perempuan Indonesia masa kini, penggunaan jilbab telah menjadi fenomena yang baru dalam kaitannya dengan cara berpakaian perempuan muslim. Keadaan ini berbeda jika dilihat dari perkembangan dan keberadaan perempuan muslim pada periode sebelumnya. Meskipun mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, namun di era 80-an ataupun 90-an misalnya penggunaan jilbab tidak menjadi fenomenal dibanding pada era sekarang. Namun pada kenyataannya, seiring perkembangan zaman penggunaan jilbab tidak hanya terkait pada ajaran agama ataupun eksistensi sebuah budaya (kultur masyarakat arab) tapi juga terkait dengan persoalan gaya hidup, khususnya dikalangan perempuan perkotaan mulai dari kalangan mahasiswi, pekerja, maupun ibu rumah tangga. Fenomena perubahan sosial tersebut menurut Soerjono Soekanto (2007: 261) “bisa berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, dan lain lain”. Dalam konteks kekinian, seiring dengan realitas sosial yang berkembang di masyarakat, para perempuan muslim yang menggunakan jilbab semakin bertambah  banyak dengan model yang beragam. Hal ini terlihat dilingkungan peneliti sendiri, mulai dari lingkungan keluarga, tempat tinggal,  kampus, lingkungan pergaulan, hingga di tempat-tempat umum. Bahkan dalam lingkungan tertentu, jilbab menjadi milik komunitas yang bersifat eksklusif dan berada pada suatu strata sosial tertentu. 
Meski awalnya penggunaan jilbab masih menjadi minoritas dalam struktur masyarakat, namun pada kenyataannya, saat ini jilbab menjadi fenomena gaya hidup pop dan menjadi tren tersendiri. Bahkan di masa lalu, penggunaan jilbab dibatasi oleh ruang dan waktu, misalnya hanya digunakan pada saat hari raya Islam ataupun acara keagamaan (pengajian) serta digunakan oleh perempuan yang telah beribadah haji. Namun di saat memasuki era globalisasi, penggunaan jilbab juga mengalami perubahan dan mengalami efek dari globalisasi itu sendiri, terutama berdampak pada cara pandang dan gaya hidup seseorang, terutama bagi perempuan perkotaan di Indonesia Jika berbicara persoalan jilbab, pada hakekatnya juga dapat memunculkan beragam permasalahan, tergantung dari sudut pandang seseorang yang akan mengkaji maupun menganalisanya. Meskipun demikian, secara umum telah dikemukakan bahwa keberadaan jilbab tidak terlepas dari ajaran agama ataupun keyakianan seseorang. Namun dalam kajian sosiologi, hal ini bekaitan pula dengan beberapa faktor sosial maupun budaya dalam suatu masyarakat. Soerjono Soekanto (2007: 21) mengatakan bahwa “objek sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan anatarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat”. Jadi dalam hal ini, sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu dan melihat agama sebagai fenomena sosial, serta membicarakan struktur sosial sekaligus melihat perubahan sosial yang dapat terjadi dalam masyarakatnya. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi