Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

191. Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas II SD N Piring Melalui Media Papan Berpaku

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Piring pada materi bangun datar melalui media papan berpaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus tersebut meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Piring berjumlah 31 anak terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen-instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Validasi instrumen adalah validasi isi materi yang diperoleh dari konsultasi dengan dosen ahli. Data tes hasil belajar Matematika dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan data yang   berupa   hasil   observasi   dianalisis  secara   deskriptif   kualitatif.   Kriteria keberhasilan  yang  dicapai  siswa  maupun  guru  dalam  penelitian  ini  dilihat dari adanya perubahan kearah perbaikan dan meningkatnya hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan berpaku mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Hal itu terlihat dari persentase nilai siswa yang mencapai nilai KKM pada materi bangun datar pra tindakan sebesar 19,35% atau sebanyak 6 siswa dan post test I menjadi 61,29% atau sebanyak 19 siswa. Sedangkan pada post test II meningkat menjadi 83,87% atau sebanyak   26   siswa.   Indikator   keberhasilan   sudah   tercapai   yaitu   75%   siswa mempunyai nilai KKM minimal 63. Siswa menunjukkan keaktifan dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir proses pembelajaran. Siswa juga lebih paham karena melakukan pengalaman belajar secara langsung dengan menggunakan media papan berpaku.

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Media Papan Berpaku, Siswa Kelas II SD N Piring

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi