Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

41. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Simpai Pada Anak Kelompok A Tk Tunas Ibu Selomartani

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Tunas Ibu Selomartani kecamatan Kalasan melalui bermain simpai.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok A TK Tunas Ibu Selomartani yang terdiri dari 3 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Obyek penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak khususnya koordinasi, keseimbangan dan kelentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah apabila sudah memenuhi minimal 75% dari jumlah anak dapat mencapai kriteria kemampuan motorik kasar dengan predikat sangat baik.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat setelah dilakukan tindakan dengan bermain simpai. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan pada hasil observasi Pra tindakan  diperoleh 12,5% atau 1 anak dari 8 anak yang berada pada kriteria sangat baik. Selanjutnya pada Siklus I dilakukan kegiatan bermain simpai dengan langkahlangkah: 1) guru menjelaskan aturan bermain simpai di awal kegiatan bermain,2) guru memberikan motivasi pada anak untuk melakukan kegiatan bermain. Setelah pelaksanaan Siklus I hasil penelitian kemampuan motorik anak meningkat menjadi 25% atau 2 anak dari jumlah keseluruhan anak yang mencapai kriteria sangat baik. Hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan, kemudian pada Siklus II dilakukan kegiatan bermain simpai dengan langkah-langkah: 1) guru menjelaskan aturan bermain simpai pada setiap sesi permainan, 2) kegiatan bermain simpai dilaksanakan dalam bentuk games,3) guru memotivasi anak dengan memberikan reward, 4) durasi kegiatan bermain simpai ditingkatkan. Setelah pelaksanaan Siklus II hasil penelitian meningkat menjadai 87,5% atau 7 anak dari jumlah keseluruhan anak yang mencapai kriteria sangat baik. Dari hasil  yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui bermain simpai dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A.
  
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, bermain simpai, anak.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi