Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

43. Ilmu Ladunny Dalam Al Qur’an Surah Al Kahfi Ayat 65 Telaah Penafsiran Klasik Dan Modern

ABSTRAK

As‟adi. Ilmu Ladunny Dalam al-Quran Surah al-Kahfi Ayat 65 (telaah Penafsiran Klasik dan Modern). Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penafsiran Klasik dan Modern dalam menafsirkan Surah al-Kahfi ayat 65, karena dari dua periode ini penafsiran sudah mempunyai basis yang berbeda-beda. Serta kekurangan dan kelebihan dari dua model penafsiran tersebut.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan dan memproporsionalkan penafsiran Klasik dan Modern dalam menafsirkan Surah al-Kahfi ayat 65. Supaya bisa dipahami sebagaimana mestinya. Karena dari dua penafsiran yang berbed a ini memunculkan dua pemahaman yang yang berbeda pula. Sehingga dari penafsiran yang berbeda dapat dipahami sebagaimana mestinya dan bisa sesuai dengan keadaan zaman yang berkembang. Dalam menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Deskriptif analitis adalah menggambarkan bagaimana kedua model penafsiran Klasik dan Modern dalam menafsirkan surah al-Kahfi ayat 65. Kemudian dimunculkan kekurangan dan k elebihanya. Penelitian ini dilakukan karena adanya perbedaan penafsiran Klasik dan Modern, yang keduanya sudah memiliki basis masing-masing. Penafsiran Klasik yang didominasi oleh tafsir bi al-Ma’tsur berbasis Quasi kritis, sedangkan penafsiran Modern (Modern kontemporer) telah berbasisi nalar kritis dan sudah dikaitkan dengan berbagai ilmu pengetahuan. Seperti penafsiran surah al-Kahfi ayat 65. Ayat ini menjelaskan tentang seorang hamba yang mendapatkan ilham dari Allah SWT yaitu kenabian dan ilmu.
Aplikasi dari penafsiran klasik dan modern tentang surah al-Kahfi ayat 65, yaitu ketika pada masa klasik surah al-Kahfi ayat 65 ditafsirkan ilmu ghaib sehingga menimbulkan pemahaman yang global. Tetapi ketika dalam penafsiran modern surah al-Kahfi ayat 65 ditafsirkan ilmu Ladunny, yaitu ilmu yang bisa diterima langsung melalui Ilham, Intuisi atau Inspirasi, dari sisi Tuhan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika Nabi Musa mendapatkan teguran dari Allah SWT karena Musa merasa orang yang paling pandai. Padahal ada hamba Allah SWT yang lebih pandai darinya, yaitu Khidir. Khidir adalah seorang hamba yang mendapatkan ilmu yang diberikan langsung oleh Allah SWT tanpa perantara. Dalam hal ini penafsiran Klasik hanya menafsirkan secara global saja, seperti ilmu yang diberikan langsung dari Allah SWT itu disebut ilmu Ghaib, tetapi ketika dalam penafsiran Modern ditafsirkan Ilmu Ladunny atau Intuisi, yaitu ilmu yang bisa diterima langsung melalui Ilham, Intuisi atau Inspirasi, dari sisi Tuhan, baik itu berupa suatu penemuan yang Empiris ataupun tidak Empiris.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi