Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

47. Keutamaan Bagi Penghafal Al-Asma’ Al-Husna Studi Hadis Nomor Indeks 3860 Dalam Kitab Sunan Ibnu Majah

ABSTRAK

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kualitas hadis menghafal al-Asma’ al-Husna dalam kitab sunan ibnu Majah, 2) Bagaimana kehujjahan hadis menghafal al-Asma’ al-Husna dalam kitab sunan ibnu Majah, 3) bagaimana pemaknaan menghafal al-Asma’ al-Husna dalam kitab sunan ibnu Majah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kehujjahan hadis tentang keutamaan menghafal al-Asma’ al-Husna dalam kitab Sunan Ibnu Majah serta mendiskripsikan pemaknaan hafalan al-Asma’ al-H}usna sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kandungan hadis tentang keutamaan penghafal al-Asma’ al-Husna dalam kitab Sunan Ibnu Majah. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) Jadi, pengumpulan data difokuskan pada penelusuran dan penelaahan terhadap literatur serta bahan kepustakaan lainnya. kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, kritik sanad dan kritik matan serta pemaknaan hadisnya. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hadis tentang keutamaan bagi penghafal al-Asma’ al-H}usna yang tertera dalam kitab Sunan Ibnu Majah nomor indeks 3860, kualitasnya sahih dari segi sanad karena semua perawinnya thiqah (dabit dan ‘adil). serta sanadnya bersambung sampai Rasulullah SAW, dan terhindar dari shadh dan illat. sedangkan dari segi matannya juga dapat dikatakan sahih, karena tidak bertentangan dengan al- Qur’an, hadis yang lebih kuat dan akal sehat, sehingga hadisnya dapat pula dijadikan hujjah, maqbul ma’mul bih, (dapat diterima dan diamalkan).
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keutamaan orang yang menghafal al-Asma’ al-Husna yaitu mendapatkan jaminan dari Nabi Muhammad SAW, yakni masuk surga. Tentu tidak hanya menghafal di luar kepala saja. Namun, dianjurkan pula memahami maknanya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan makna dan memahami al-Asma’ al- Husna dalam kehidupan. Inilah yang akan mendekatkan diri kita kepada Allah.

Kata kunci : keutamaan, hafalan, al-Asma’ al-Husna.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi