Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

216. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.

ABSTRAK

Konsep diri merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri, mengakui dan menerima berbagai aspek diri termasuk kualitas baik dan buruk yang ada pada diri dan memandang positif terhadap kehidupan yang telah dijalani. Orang yang memiliki konsep diri yang baik akan mengembangkan sikap positif terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan yang dihadapinya. Siswa yang memiliki konsep diri yang baik menyadari bahwa keberhasilan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras dan usaha yang dilakukan, oleh karena itu siswa akan belajar jika ingin memiliki hasil belajar yang baik. Terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan hasil belajar IPS siswa, karena baik konsep diri maupun ilmu sosial terbentuk dari lingkungan sekitar dan akan dikembalikan kembali pada lingkungan. Semakin baik konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin baik pula nilai hasil belajar IPS  yang diperoleh siswa.  Rumusan masalah dalam penelitian  yaitu  “Adakah hubungan konsep diri siswa dengan hasil belajar IPS kelas V di SDN Kecamatan Bodeh  Kabupaten  Pemalang?”.  Sedangkan  tujuan  dalam  penelitian  ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas V SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang yang berjumlah 186 dengan sampel   75   siswa.   Teknik   pengambilan   sampel   dilakukan   dengan   cara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan koefisien determinasi.
Hasil perhitungan analisis data, diperoleh hasil rhitung = 0,314 dengan signifikansi 0,05 dan rtabel = 0,227. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,314 > 0,227) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Besarnya hubungan konsep diri terhadap hasil belajar IPS sebesar 10%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPS yang tergolong rendah. Saran untuk guru, guru harus mengembangkan upaya belajar dan  membantu  siswa memahami dan menerima dirinya sendiri. Untuk sekolah diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru untuk meningkatkan mutu poendidikan.

Kata kunci: konsep diri, hasil belajar, IPS
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi