Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

24. Konsep Diri Anak Panti Di Panti Asuhan Aisyiyah Di Kebumen.

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan data hasil wawancara yang menunjukkan bahwa kurangnya waktu anak panti dalam bertemu dan berinteraksi dengan kedua orang tua dan kelurga di rumah, serta banyaknya anak panti yang merasa minder ketika bertemu dengan teman di desa maupun di sekolah dan seringnya anak panti mendapat hinaan atau ejekan dari teman di sekolah dan di rumah karena mereka tinggal di panti, hal tersebut menjadi latar belakang bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana kosnep diri anak panti asuhan di panti asuhan Aisyiyah di Kebumen.
Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah di Kebumen. Subjek penelitian utama dalam penelitian ini adalah anak panti asuhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verivikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik.
Hasil penelitian adalah Anak panti asuhan putri Aisyiyah di Kebumen yang menjadi subjek penelitian memiliki konsep diri cenderungan ke arah yang positif. Namun  kelima  subjek  memiliki perbedaan dalam  setiap  aspek,  seperti  dalam aspek Aspek keinginan beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan UK dan PA dalam tingkatan kurang, PN dalam tingkatan sedang,  SA dan  LW dalam tingkatan baik. Aspek persepsi fisik UK, PA dan LW dalam tingkatan baik, sedangkan PN dan SA dalam tingkatan kurang. Aspek pemahaman diri dalam hal sifat subjek UK, PA dan PN dalam tingkatan sedang, SA dan LW dalam tingkatan cukup.  Aspek  minat  dan  kemampuan  akademik setiap  subjek  masuk  dalam rentang baik, karena memiliki minat dan kemampuan yang baik dalam bidang kademik. persepsi lingkungan UK dan PN dalam tingkatan cukup, PA dalam tingkatan kurang, SA dan LW dalam tingkatan baik. cita-cita dimasa depan dan upaya yang dilakukan kelima subjek masuk dalam tingkatan baik.
Kesimpulan  dari  penelitian  yang  dilakukan  adalah  kelima  subjek  yang diteliti memiliki kecenderungan ke arah positif, namun memiliki rentan yang berbeda  pada  setiap  subjek  dalam setiap  aspek,  hal  ini  dimungkinkan  karena faktor ekstern dari latar belakang keluarga yang berbeda. Saran untuk UK dan PA agar terus belajar mandiri dalam menjalankan ibadah dan belajar mengambil hikmah dari kegiatan keagamaan yang diikuti. untuk SA dan PN belajar menerima kondisi fisik dan dirinya dan belajar mensyukuri keadaan. bagi kelima subjek untuk belajar taat peraturan.

Kata Kunci: konsep diri, anak panti asuhan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi