Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

33. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 34 Semarang

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan di SMP Negeri 34 Semarang yang menunjukkan adanyasiswa yang menyalahgunakan narkoba. Data ini diperkuat dengan hasil wawancara pada guru BK, dimana guru BK disana hanya memberikan tindakan pada siswa yang menyalahgunakan narkoba, dan tidak memberikan tindak pencegahan pada siswa yang tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dapat ditingkatkan  melalui layanan  informasi.  Sedangkan  tujuan  dari  penelitian  ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba melalui layanan informasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain one group pre test-post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMA N 34 Semarang yang berjumlah 256 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan diperoleh sampel penelitian siswa kelas VIII F sejumlah 32 siswa, pengambilan sampel ini diperkuat dengan adanya satu anak yang menyalahgunakan narkoba dalam kelas ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba sebelum diberikan layanan informasi memiliki kategori tinggi dengan rata-rata persetase sebesar 67,49%. Setelah diberikan layanan informasi mengalami peningkatan dengan kategori sangat tinggi dan rata-rata persentase sebesar 94,21%. Selain itu diperoleh data melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai thitung> ttabelmenunjukkan thitung = 30,115 dan ttabel = 2,042 sehingga menunjukkan hasil Ha diterima dan Ho ditolak.
Simpulan  penelitian  ini  adalah  pemahaman  tentang  bahaya penyalahgunaan narkoba pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui layanan informasi. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK tidak hanya mengatasi masalah siswa yang telah menggunakan narkoba, tetapi juga melakukan tindak pencegahan bagi siswa yang tidak menggunakan narkoba agar tidak terpengaruh oleh teman atau lingkungannya untuk mengkonsumsi narkoba, salah satu tindak pencegahan tersebut adalah melalui pemberian layanan informasi.

Kata Kunci: Pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba; layanan informasi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi