Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

87. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Di Sentra Main Peran Paud Anak Cerdas Ungaran.

ABSTRAK

Karakter  merupakan  hal  yang  penting  dan  mendasar  bagi  kehidupan manusia. Karakter telah melekat pada diri manusia dan ditunjukan dalam perilaku sehari-hari. Sejak lahir, manusia memiliki potensi karakter yang ditunjukan melalui kemampuan kognitif, motorik, sosial, moral dan agama dan bahasa. Sifat bawaan yang dimiliki manusia dapat berkembang dengan baik ketika manusia belajar dari lingkungannya. Salah satu cara mengenalkan dan menerapkan karakter pada anak yaitu melalui kegiatan bermain peran yang dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini. Karena dengan bermain peran anak mampu mengeksplor pengalaman yang pernah ia alami dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter di sentra main peran yang ada di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan   deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di sentra main peran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter di sentra main peran dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan pendidikan karakter yang akan diterapkan. Pada pelaksanaan, yaitu melihat knowing feeling; menggali, memberi dan menerapkan pengetahuan karakter kepada anak dan acting   feeling   yaitu   melihat   hasil  penerapan karakter   yang   diterapkan   hari sebelumnya, apakah anak akan memunculkan perilaku yang telah diterapakan atau belum. Sedangkan secara informal dapat berbentuk keteladanan, pengawasan pembelajaran dari awal hingga akhir, reward dan apresiasi. Simpulan dari penelitian yaitu pelaksanaan pendidikan karakter di sentra main peran tidak terpaut dengan karakter yang diajarkan pada satu tema saja namun semua karakter dapat diajarkan, karena setiap aspek karakter dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain peran sesuai dengan peran yang anak mainkan. Sedangkan untuk meningkatkan perkembangan anak makan orangtua diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan guru maupun dengan kepala sekolah, sehingga orangtua dapat mengetahui perkembangan anaknya disekolah.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sentra Main Peran
File Selengkapnya.....

0 comments:

Posting Komentar

Berikan Komentar yang membangun demi perkembangan Blog ini. Terima kasih buat semuanya yang telah memberikan komentar.
Lihat semua Komentar Klik Disini

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi