Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

11. Kerukunan Umat Beragama (Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil )

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu faktor penyebab terjadinya konflik antar umat beragama di Kabupaten Aceh Singkil. Pola kehidupan di Aceh Singkil sangat harmonis dan saling hidup   berdampingan   meskipun   berbeda   keyakinan.   Konflik   yang   terjadi   bukan berdasarkan seutuhnya kesalahan masyarakat namum kelalain pemerintah setempat yang seakan menutup mata dengan persoalan yang memang sudah terlalu lama di sampaikan oleh tokoh - tokoh agama setempat.
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  kualitatif.  Teknik  pegumpulan datanya anatra lain, Observasi/pegamatan yang di lakukan di tempat kejadian dan Wawancara mendalam dengan informan kunci serta studi Keperpustakaan.
Hal yang ingin dikaji yaitu bagaimana peran tokoh agama dalam menjaga kerukuan umat beragama sehinga masyarakat dapat merasakan keyamanan dan kedamain yang seharusnya dirasakan. Temuan dilapangan menunjukan bahwa kurangnya peran dari tokoh-tokoh agama untuk  melakukan sosialisasi  tetang  kerukunan  umat  beragama  yang  nantinya  akan  terjalin dengan baik.
Kesimpulan yaitu Masyarakat   hidup dalam sebuah perbedaan. Dan yang menjadi perbedaan mendasar   pada   masyarakat      adalah   perbedaan   agama   pada   masing-masing individunya. Suatu  yang  perlu  diketahui  disini  adalah  bahwa  perbedaan  yang  ada  pada masyarakat  tersebut tidaklah menjadikan mereka hidup dalam ketegangan hingga menimbulk an suatu konflik seperti konflik-konflik yang sering terjadi dewasa ini yang dilatarbelakangi oleh perbedaan agama, namun keidupan mereka justru sangat harmonis, bisa hidup secara berdampingan, dan sangat menjunjung tinggi toleransi dalam beragama yang selalu memberi dan membantu seperti hari lebaran Aidil Fitri.

Kata Kunci : Kerukunan Umat Beragama
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi