Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

12. Strategi pendayagunaan zakat, infaq, shadaqoh melalui program Dusun Jamur Dompet Dhuafa’ Jateng

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendayagunaan zis yang bersifat produkti kreatif yakni penyaluran dana zis   dalam   bentuk   permodalan,   permodalan   ini digunakan  untuk membantu usaha yang dijalankan mustahik dengan menggunakan zakat mal karena tidak ada batasan waktu dalam penyaluran serta dapat dikelola kapan saja, maka dana zakat dapat diberikan kapan saja kepada mustahik yang membutuhkan. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk   mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan program Dusun Jamur Dompet Dhuafa‟ Jateng. Pendekatan  penelitian  ini  bersifat kualitatif.  Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview dan dokumentasi.  Data yang teerkumpul dianalisa dengan analisis deskriptif. Analisis deskriptif kualitatif adalah model analisis yang menghasilkan kata-kata.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa‟ Jateng   menjalankan pendayagunaan zis   untuk   memberdayakan ekonomi masyarakat dusun Truko dengan program Dusun Jamur. Program Dusun Jamur berawal dari pengusaha jamur tiram yang bertempat di dusun Truko. Habisnya modal untuk melanjutka usahan jamur tiram mendorong masyarakat dusun Truko untuk   mengajukan pinjaman modal kepada Dompet Dhuafa Jateng‟. Setelah melakukan survey dan membentuk kelompok tani Dompet Dhuafa‟ Jateng memberikan modal usaha kepada kelompok tani sesuai dengan kebutuhan untuk pembudidayaan jamur tiram. Kebutuhan yang dimaksud misalnya, seperti kumbung dan baglog untuk media tanam. Modal usaha yang diberikan oleh Dompet Dhuafa‟ jateng merupakan dana hibah sehingga penerima dana tidak perlu mengembalikan dana yang sudah diterima. Kelompok tani  program Dusun jamur  semula lima  anggota, dengan  bantuan  ini  Dompet Dhuafa‟ Jateng  berhasil  merealisasikan bertambahnya mustahik yang berhak untuk diberdayakan. Disamping itu, Dompet Dhuafa‟ Jateng berhasil merintis dusun wisata jamur tiram di dusun Truko. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan program Dusun Jamur yaitu, a) keawaman sebagian anggota kelompok dalam pembudidayaan  jamur  tiram  sehingga  berpengaruh  pada  hasil  yang didapatkan oleh anggota. b) wafatnya ketua kelompok yang sekaligus menjadi pendamping anggota dalam membudidayakan jamur tiram. c) masih kurangnya dana untuk menambah kapasitas baglog. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu, a) anggota kelompok yang kooperatif dalam mempelajari budidaya jamur tiram dan semangat kerja yang tinggi. b) banyaknya permintaan pasar pada jamur tiram. Saran yang dapat penulis berikan 1) proses regenerasi perlu mendapat    perhatian    lebih.    2) pemerataan    keterampilan    perlu ditingkatkan. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi