Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

14. Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Sewa-Menyewa Kamar Hotel Syariah Di Solo

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, saat ini banyak berkembang lembaga yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan usahanya. Lembaga-lembaga tersebut antara lain perbankan syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, reksadana syariah, pasar modal syariah, hingga yang paling terbaru adalah perhotelan  syariah.  Hotel  syariah  merupakan  produk terbaru  dunia bisnis pada umumnya dan dunia perhotelan pada khususnya. Alhasil, tidak sedikit hotel yang banting setir dan atau mulai menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Mengenai landasan yang digunakan untuk memberikan legalitas terhadap hotel syariah di Indoensia adalah Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana prosedur menginap pada hotel syariah di Solo? 2. Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap  sewa kamar pada hotel syariah di Solo?  Adapun  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  1.  Mengetahui prosedur menginap pada hotel syariah di Solo. 2. Mengetahui status hukum Islam tentang sewa kamar pada hotel syariah di Solo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur penyewaan kamar hotel syariah di Solo tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah. Sebab, hotel tidak menerapkan salah satu aspek yang termuat dalam peraturan tersebut, yaitu seleksi tamu. Salah satu tujuan diadakanya seleksi tamu adalah untuk mencegah terjadinya perbuatan-perbuatan yang melanggar syara’. Sedangkan hukum sewa-menyewa kamar hotel syariah di Solo adalah sah menurut hukum Islam. Semua rukun dan syarat dalam akad sewa- menyewa kamar hotel syariah di Solo sudah terpenuhi. Rukun tersebut adalah sighat ijab qabul,  recepsionist sebagai mu’ajjir, tamu sebagai musta’jir, dan kamar hotel sebagai objek yang diambil manfaatnya. 

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi