Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

23. Analisis Kohesi Dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional Di Majalah Online Detik.

ABSTRAK

Majalah Detik adalah majalah mingguan yang membahas tema yang paling hangat dalam minggu tersebut. Majalah detik cukup diminati masyarakat, hal ini ditandai dalam sosial media facebook yang menyukai sebanyak 23.149 dan pengikut di twitter mencapai 79.939. Keberhasilan suatu wacana berita dalam mempengaruhi pembaca ditentukan oleh penggunaan bahasa yang komunikatif, sederhana, dan dinamis. Dalam penyusunan sebuah wacana tulis, khususnya berita, kohesi dan koherensi wacana harus diterapkan.   Penelitian ini memiliki hubungan erat dengan bahasa terutama penelitian tentang wacana, salah satunya adalah analisis wacana. Analisis wacana pada penelitian ini adalah analisis kohesi dan koherensi wacana berita rubrik nasional di Majalah Online Detik untuk membuktikan kepaduan wacana antarkalimat yang terbentuk.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana hubungan bentuk atau kohesi pada wacana berita rubrik nasional di Majalah Online Detik Edisi Bulan September- Oktober 2014? (2) bagaimana hubungan makna atau koherensi pada wacana berita rubrik nasional di Majalah Online Detik Edisi Bulan September- Oktober  2014?  (3)  Jenis  kohesi  dan  koherensi  apakah  yang  sering digunakan, mengapa demikian?Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kohesi dan koherensipada wacana berita rubrik nasional di Majalah Online Detik Edisi Bulan September- Oktober 2014 serta jenis kohesi dan koherensi yang sering digunakan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini wacana berita Majalah Online Detik edisi bulan September sampai dengan Oktober tahun 2014. Data penelitian  ini berupa penggalan wacana yang diduga dalam penulisannya menerapkan sarana kohesi dan koherensi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik simak dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Metode hasil analisis menggunakan metode informal.
Hasil penelitian ini meliputi (1) penggunaan kohesi, kohesi leksikal meliputi pengulangan, sinonimi, hiponimi, kolokasi, dan ekuivalensi. Kohesi gramatikal meliputi pengacuan, substitusi, pelesapan, konjungsi, inversi, dan pemasifan kalimat. (2) Penggunaan koherensi meliputihubungan perbandingan, hubungan kelonggaran-hasil,  hubungan  akibat-sebab,  hubungan  sebab-akibat, hubungan  makna  alasan (argumentatif), dan   hubungan latar-simpulan, (3) kepaduan yang paling banyak ditemukan adalah kohesi berupa kohesi gramatikal yaitu pengacuan dan konjungsi. Sedangkan untuk jenis kohesi dan koherensi lain tidak begitu banyak ditemukan.
Berdasarkan temuan tersebut penulis menyarankan kepada redaksi Majalah Online Detik agar lebih memperhatikan penggunaan kohesi dan koherensi dalam penyusunan wacana berita khususnya. Dengan ditemukannya kohesi dan koherensi yang  tidak  merata  yaitu  sebagian  besar  pengacuan dan  konjungsi  menunjukkan bahwa aspek kebahasaan dari teks berita dari majalah detik masih kurang. Dengan demikian,  hendaknya  redaksi  dalam  menyusun  berita  agar  lebih  memperhatikan aspek  kebahasaan  yaitu  pada  penggunaan  sarana  kohesi  dan  koherensi  untuk meningkatkan tingkat keterbacaan.

Kata kunci : kohesi gramatikal,kohesi leksikal, koherensi, majalah online detik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi