Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V

ABSTRAK

Penerapan  Model  Kooperatif  Tipe  Jigsaw  dalam  penelitian  ini  bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Krapyak Wetan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan pada semester I Tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krapyak Wetan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat memperbaiki proses pembelajaran  dan  hasil belajar  IPS  siswa  kelas  V  SDN  Krapyak  Wetan.  Hasil penelitian menunjukan dalam proses pembelajaran siswa yang awalnya pasif menjadi aktif dalam bekerjasama,  bertanggungjawab,  dan menghargai  pendapat  orang  lain dalam kegiatan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukan pada pra tindakan diperoleh ketuntasan 3 siswa atau 12% dan belum tuntas ada 21 siswa atau 88%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75 nilai standar yang ditentukan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan 9 siswa atau 37% dan belum tuntas ada 15 siswa atau 63%, artinya ada kenaikan hasil belajar pra tindakan ke siklus I. Pada siklus II mengalami kenaikan ketuntasan yaitu 21 siswa atau 87% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 13%, dengan demikian ada kenaikan dari siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥75% siswa sudah mencapai KKM.

Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe Jigsaw. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi