Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

24. Efektivitas Program Legalisasi Aset PRONA Tahun 2015 dalam Pelayanan Sertipikasi Tanah di Kota Binjai

ABSTRAK

Kepemilikan hak atas tanah merupakan hal penting bagi seseorang yang memiliki tanah. Akan tetapi, munculnya pandangan dikalangan masyarakat bahwa mengurus sertipikat tanah dinilai sulit, lama dan memerlukan biaya yang mahal menjadi  masalah  yang  menyebabkan  masyarakat  enggan mengurus  sertipikat tanah mereka khususnya masyarakat yang berada pada golongan ekonomi menengah  kebawah.  Oleh  karena  itu,  program Legalisasi  Aset  PRONA  hadir untuk menyelesaikan permasalahan sertipikasi tanah di Kota Binjai. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan pendaftaran tanah pertama kali dengan proses yang sederhana, mudah, cepat, dan murah yang ditujukan kepada masyarakat yang berada pada golongan ekonomi menengah kebawah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan yang diterapkan  oleh  Kantor Pertanahan  Kota  Binjai  dalam memberikan  pelayanan sertipikasi tanah melalui program legalisasi aset PRONA untuk tahun anggaran 2015. Objek dari pelayanan ini adalah masyarakat sehingga penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pandangan masyarakat tentang adanya program ini.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi dilapangan, dan pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yang terdiri dari Kepala Kantor Pertanahan, pegawai Kantor Pertanahan Kota Binjai dan masyarakat Kota Binjai.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan sertipikasi tanah melalui  program Legalisasi  Aset  PRONA  ini  secara  umum  dapat  dikatakan efektif. Pandangan masyarakat tentang program ini juga dapat dikategorikan baik. dalam memberikan pelayanan ditemukan beberapa hambatan, antara lain sulitnya untuk mencari peserta, waktu penyelesaian yang belum seseuai dengan peraturan yang berlaku, dan masyarakat yang tidak dapat bekerjasama dengan pihak kantor.

Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Sertipikasi Tanah, Legalisasi Aset PRONA, Kantor Pertanahan Kota Binjai
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi