Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

35. Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

ABSTRAK

Kesehatan merupakan kekayaan yang tidak ternilai bagi kehidupan manusia. Di Indonesia, Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat (1) dan Undang-Undang nomor 23 tahun 1992 Tentang Kesehatan. Dengan demikian Rumah Sakit merupakan ujung tombak dalam pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakt disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya. Dalam penelitian ini terdapat masalah yang mengakibatkan tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan standar operasional prosedur administrasi Rumah Sakit Dr. Komang Makes. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penerapan standar operasional prosedur administrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, apa kendala yang dihadapai dan apa saja harapan-harapan masyarakat kedepannya.
Metode yang digunakan adalah metode deskritif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif bermaksud membuat penyadaran secara sistematis, faktual, dan akurat   mengenai fakta-fakta yang ada. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara yang dilakukan oleh 4 narasumber terdiri dari satu orang informan kunci dan tiga orang informan utama. Setelah data dari lapangan diperoleh kemudian diolah berdasarkan model pengolahan yang sesuai dengan karakteristik data.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa Rumah Sakit Angkatan Laut Komang Makes Belawan masih belum efektif dalam menerapkan  standar operasional prosedur  administrasi  karena  kurangnya  Sumber Daya Manusia, perlengkapan medis, dan masih belum berjalannya program secara maksimal. Hal ini dapat diketahui dari data-data yang dikumpul oleh penulis dilapangan.Adapun saran dalam penelitian ini adalah perlunya penambahan tenaga ahli medis, seperti dokter spesialis dan perawat sehingga mampu melayani seluruh komponen masyarakat, bukan hanya prajurit saja. Pihak RUMKITAL perlu penambahan pelengakapan untuk menunjang kebutuhan medis dan menjalankan program/ kegiatan secara maksimal agar pelayanan kesehatan masyarakat yang diberikan lebih berkualitas.

Kata  Kunci:  Efektivitas,  Standar  Operasional  Prosedur  Administrasi,  Kualitas Pelayanan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi