Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

369. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Untuk Minat Menggunakan E-Filing

ABSTRAK

Minat wajib pajak untuk menggunakan e-filing  yaitu ketertarikan wajib pajak untuk mau menggunakn e-filing dalam pelaporan pajak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pengalaman wajib pajak, kompleksitas, kemanan dan kerahasiaan, kepatuhan wajib pajak dan kesiapan teknologi informasi terhadap minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan e-filing.
Sampel yang digunakan sebanyak 107 wajib    pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Tengah Satu. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner (angket) yang disebar tanggal 16-22 Maret 2016. Pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS windows 21.
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh minat wajib pajak pada kriteria berminat, pengalaman wajib pajak pada kriteria kurang berpengalaman, kompleksitas pada kriteria rumit, keamanan dan kerahasiaan pada kategori terjamin, kepatuhan wajib pajak pada kriteria patuh, sedangkan kesiapan teknologi informasi pada kriterian cukup siap. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengalaman wajib pajak, kompleksitas, dan kesiapan teknologi informasi dengan minat wajib pajak orang pribadi   untuk   menggunakan   e-filing. Sedangkan   tidak   terdapat   pengaruh signifikan antara keamanan dan kerahasiaan serta kepatuhan wajib pajak terhadap minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan e-filing.
Berdasarkan  hasil  penelitian,  dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  dua variabel yang tidak mempengaruhi minat wajib pajak orang pribadi untuk menggunakan  e-filing,  yaitu  keamanan  dan kerahasiaan  serta  kepatuhan  wajib pajak. Saran yang berkaitan dengan penelitian yaitu peluadanya peningkatan dari sistem e-filing, berkaitan dengan peningkatan kapasitas, fitur dan penyederhanaan cara pelaporan melalui e-filing. Selain itu juga diperlukannya penyesuaian dengan perangkat yang mayoritas dimiliki wajib pajak orang pribadi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk  peneliti selanjutnya sesuai dengan topik ini dengan menambahkan berbagai variasi.

Kata Kunci: Pengalaman Wajib Pajak, Kompleksitas, Keamanan dan Kerahasiaan, Kepatuhan Wajib Pajak, Kesiapan Teknologi Informasi, Minat Wajib Pajak Orang Pribadi untuk Menggunakan E-filing.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi