Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

386. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Go Public Peserta Proper

ABSTRAK

Perkembangan  dunia  usaha  yang  semakin  pesat  menuntut  perusahaan untuk tidak sekedar berorientasi pada laba yang akan dihasilkan. Perkembangan tersebut   merubah   cara   pandang perusahaan   untuk   lebih   berorientasi   pada pemangku kepentingan. Melaksanakan tanggung jawab sosial dan melaporkannya merupakan salah satu strategi perusahaan untuk dapat mengikuti perkembangan bisnis dan ikut serta pada kompetisi bisnis agar perusahaan tetap going concern dan dapat diterima oleh masyarakat. Pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap para stakeholdernya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, efektivitas pengawasan, dan biaya sosial terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan dengan kinerja lingkungan diposisikan sebagai variabel intervening.
Populasi penelitian, yaitu perusahaan go public yang ikut serta pada program PROPER tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 165 sampel. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur dengan menggunakan software AMOS versi 21.
Hasil   penelitian   menunjukan   bahwa   kepemilikan   manajerial   dan efektivitas pengawasan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan sedangkan biaya sosial dapat berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Kepemilikan manajerial, biaya sosial, dan kinerja lingkungan secara signifikan mampu mempengaruhi pengungkapan sosial dan lingkungan yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kinerja lingkungan tidak bisa memperkuat pengaruh biaya sosial terhadap pengungkapan sosial lingkungan secara signifikan.
Pemerintah hendaknya membuat peraturan yang mewajibkan perusahaan untuk  ikut  serta pada  program  PROPER.  Hal  ini  karena  keikutsertaan  pada program ini masih bersifat sukarela sehingga masih terdapat kasus pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan perusahaan.

Kata Kunci :   Pengungkapan     Sosial     dan     Lingkungan     Perusahaan, Kepemilikan   Manajerial, Efektivitas Pengawasan, Biaya Sosial, dan Kinerja Lingkungan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi