Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

41. Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Pada Siswa Kelas Xi Matematika Dan Sains

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 1  Muntilan  yang menunjukan bahwa  pada  kelas  XI Matematika dan  Sains  2 mempunyai kemampuan komunikasi antar pribadi yang masih rendah. Melalui Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Kerjasama diharapkan rendahnya komunikasi antar pribadi siswa dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek Penelitian berjumlah 10 siswa terdiri dari 5 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi rendah, 3 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi sedang dan 2 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi berkategori tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon.
Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung  = 0 dan Ttabel  = 8,0 atau berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukan komunikasi antar pribadi siswa meningkat  setelah  memperoleh perlakuan  berupa  Bimbingan  Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Perbedaan tingkat komunikasi antar pribadi siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan sebesar 19%. Selain itu, siswa mengalami  perkembangan  perilaku  yang lebih  baik  dilihat  dari  meningkatnya indikator percakapan, kerjasama, saling menghormati, keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesamaan, arus pesan yang cenderung dua arah, konteks hubungan tatap muka, tingkat umpan balik yang tinggi, interaksi minimal dua orang dan adanya akibat baik yang disengaja maupun tidak disengaja.
Simpulan  dari  penelitian  ini  adalah  rendahnya  komunikasi  antar  pribadi siswa pada kelas XI Matematika dan Sains 2 SMA Negeri 1 Muntilan meningkat setelah mendapatkan Bimbingan kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru pembimbing dapat melaksanakan   Bimbingan  Kelompok   dengan   Teknik  Permainan Kerjasama sebagai  salah  satu  media untuk  meningkatakan  kemampuan  komunikasi  antar pribadi khususnya untuk kelas X yang masih memerlukan adaptasi di sekolah yang baru. 

Kata Kunci : bimbingan kelompok, komunikasi antar pribadi, teknik permainan kerjasama
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi