Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

45. Perubahan sosial di desa Linggajati kecamatan Sukaratu kabupaten Tasikmalaya

ABSTRAK

Setiap manusia memiliki keinginan untuk memperbaiki kehidupannya agar menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, manusia selalu berusaha agar bisa bertahan dalam kondisi apapun. Keinginan manusia untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya agar menjadi maju dan bisa bertahan hidup membuat mereka menjadi berfikir dan bekerja melakukan sesuatu yang akhirnya mampu membawa perubahan dalam lingkungan sekelilingnya. Dengan demikian, perubahan sosial terjadi karena adanya faktor lingkungan atau faktor alam yang dapat menyebabkan ketergantungan serta kebutuhan yang membuat mereka tetap bertahan hidup. Setiap manusia pada hakekatnya mempunyai kepentingan yang tak terbatas sehingga perubahan sosial ini berpengaruh pada berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, misalnya pendidikan ataupun perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, terjadinya perubahan sosial diakibatkan dari perubahan yang berkembang dengan pesat dari pengaruhnya pembangunan, selain itu juga karena adanya pengaruh kebudayaan dari luar yang masuk dengan mudah akibat dari proses pembangunannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial di Desa Linggajati. Apakah ada perubahan-perubahan sosial yang terjadi terhadap masyarakat Desa Linggajati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Sumber penelitian ini adalah data primer yang di ambil langsung dari lapangan melalui wawancara dengan informan dari masyarakat Desa Linggajati. Sedangkan Data sekunder adalah data yang di ambil dari lembaga-lembaga pemerintah yang ada kaitanya dengan penelitian ini. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara dengan informan yang dipilih dan observasi, data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan disajikan dalam bentuk narasi untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian. Setelah analisis data selesai, dilakukan penarikan kesimpulan dengan cara memahami dari data penelitian yang sudah tersaji.
Hasil penelitian ini merupakan adanya perubahan sosial di Desa Linggajati dari tahun 2006-2011. Hal ini dibuktikannya dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi di Desa Linggajati seperti perubahan mata pencaharian (perubahan status sosial) beberapa penduduk yang semula menjadi petani beralih sebagian menjadi pedagang dan menawarkan jasa karena mereka memanfaatkan keadaan bahwa adanya pengunjung yang datang ke Cipanas Galunggung diharapkan bisa menambah penghasilan setiap bulannya untuk menghidupi keluarganya dan mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan telah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat dan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat setempat sehingga menambahkan kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi. Perubahan-perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat Desa Linggajati diantaranya adalah adanya perubahan gaya hidup masyarakat Desa Linggajati karena adanya pengaruh yang dibawa dari masyarakat pendatang yang berkunjung, perubahan norma yang bisa mengkhawatirkan bagi anak remaja seperti main judi, mabuk-mabukan dan lainnya. Hal yang ditakutkan karena secara langsung atau tidak langsung ada perubahan pola pikir dan pergaulan anak remaja dengan seringnya melihat gaya hidup yang dibawa oleh para wisatawan yang datang. Dan adanya perubahan populasi dan apabila pertumbuhan kebutuhan hidupnya tidak terpenuhi maka akan menyebabkan terjadinya berbagai ketimpangan, baik ketimpangan ekonomi, ekologi, dunia pendidikan, maupun ketimpangan sosial lainnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masyarakat Desa Linggajati mengalami perubahan sosial yang mempengaruhi masyarakat Desa Linggajati.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi