Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

55. Persepsi Guru Bk Tentang Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik Dalam Implementasi Kurikulum 2013

ABSTRAK

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi guru BK di SMA se-Kabupaten Pekalongan tentang konsep dasar bimbingan dan konseling. 2) Untuk mengetahui bagaimana persepsi guru BK di SMA se-Kabupaten Pekalongan tentang konsep dasar kurikulum 2013? 3) Untuk   mengetahui   bagiamana   persepsi   guru   BK   di   SMA   se-Kabupaten Pekalongan tentang konsep dasar pelayanan arah peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum  2013.  Dan  4)  Untuk  mengetahui  perbedaan  persepsi antara guru BK yang berlatarbelakang pendidikan BK dan persepsi guru BK yang tidak berlatarbelakang pendidikan BK tentang pelayanan arah peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan, dengan responden guru BK di SMA Negeri se-Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 23 responden. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei dengan metode analisis statistik deskriptif. Penelitian ini hanya mengunakan satu variabel yaitu persepsi guru BK tentang pelayanan arah peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013. Populasi dari penelitian ini adalah guru BK SMA Negeri se-Kabupaten Pekalongan, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Hasil dari penelitian yang dilaksanakan pada guru BK di SMA Negeri se- Kabupaten Pekalongan adalah: Persepsi guru BK tentang konsep dasar bimbingan dan konseling sebesar 83% (sangat tinggi), persepsi guru BK tentang kosep kurikulum 2013 sebesar 79% (tinggi), dan persepsi guru BK tentang konsep pelayanan arah peminatan peserta didik sebesar 80% (tinggi). Guru BK lulusan S1 BK murni memiliki persepsi sangat tinggi (84%), guru BK lulusan S1 BK transfer memiliki persepsi tinggi (79%), dan guru BK yang bukan lulusan S1 BK memiliki persepsi tinggi (71%) tentang pelayanan arah peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru BK tentang pelaynan arah peminatan peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013 Sangat Tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah agar para guru BK selalu terbuka dengan isu-isu baru dan terus memperbarui berbagai informasi yang berhubungan dengan dunia bimbingan dan konseling Indonesia. Serta untuk terus belajar dan belajar untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang konseling. 

Kata kunci: Persepsi, Guru BK, Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik, Kurikulum 2013.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi