Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

8. Al Anashir Al Bayaniyyah Min Syi'r Nizar Qabbani Fi Bab Al Quds Dirasah Balaghiyah

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang syair Nizar Qabbani dalam bab Al-Qudsi (Palestina). Nizar Qabbani adalah seorang diplomat dan penyair kontemporer di Suriah yang lahir di Damaskus pada tanggal 21 Maret 1923. Sejal kecil, ia tumbuh dalam keluarga yang lekat dengan diskusi-diskusi politik. Ayahnya, Taufiq Qabbani adalah seorang pedagang yang sukses sekaligus aktivis kemerdekaan Suriah. Nizar meninggal di London pada tanggal 30 April 1998.
Dua hal, perempuan dan cinta, menjadi tema utama dalam karya-karya awalnya sementara semangat pemberontakan menjadi ruh yang ada dalam setiap karyanya. Namun selain percintaan, Nizar juga piawai dalam mengolah tema-tema polotik, nasionalisme, dan ghazal. Pergeseran tema Nizar ini terjadi sejak kekalahan yang diderita negara-negara Arab pada perang Arab-Israel tahun 1967. Adapun syair-syairnya terkumpul dalam beberapa antologi-antologi, seperti Al-A’malu Al-Kamilah yang di dalamnya terdapat syair yang berjudul Al-Quds. Syair ini bertema ghazl atau ratapan yang menceritakan bagaimana sedih dan sengsaranya rakyat Suriah atas penjajahan Israel yang menghancurkan negara tersebut beserta para penduduknya. Dalam setiap karya-karyanya, menunjukkan adanya eksperimentasi untuk menggunakan ungkapan-ungkapan populer tanpa terjebak dalam bahasa Arab pasaran (‘Amiyah). Bahasa keseharian diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan efek-efek tertentu dalam puisinya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti keindahan syair Nizar dari segi unsur-unsur bayannya yang tersirat. Di antara keindahan tersebut adalah tasybih (هيبشتلا) atau menyamakan sesuatu dengan suatu yang lain, dan majaz (زالمجا) atau menggunakan arti bukan pada lafadz aslinya, selain itu juga menggunakan kinayah (ةيانكلا) atau mensifati sesuatu sesuai dengan yang disifati. Namun pada syair ini peneliti hanya menemukan dua unsur bayan, yaitu majaz dan kinayah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah: pertama, bagaimana bentuk unsur-unsur bayan dalam syair Nizar Qabbani pada bab Al-Qudsi?. Dan kedua, apa fungsi unsur-unsur bayan yang terdapat dalam syair Nizar Qabbani pada bab Al-Qudsi?.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Kualitatif adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka, sedangkan deskriptif adalah mendeskripsikan hasil- hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah peneliti dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan teknik tinjauan pustaka (library research), yaitu peneliti membaca berulang-ulang hingga menemukan data- data yang berkaitan dengan unsur-unsur bayan, setelah itu peneliti melakukan analisis pada data-data tersebut dan menghasilkan hasil penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah. Dan hasilnya, pada syair Nizar Qabbani peneliti hanya menemukan dua  unsur bayan, yakni majaz dan kinayah. Majaz ditemukan sebanyak 25 data, dan kinayah ditemukan sebanyak 14 data.

Kata kunci: Syi’r Al-Quds, Nizar Qabbani, Al ‘Anashir Al Bayaniyyah
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi