Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

8. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Penyimpanan Barang Tepung Tapioka

ABSTRAK

Perkembangan ekonomi pada masa sekarang telah banyak muncul berbagai sistem atau cara perdagangan yang dilakukan masyarakat karena zaman semakin maju, diantaranya adalah praktek penyimpanan di Kec. Margoyoso Kab. Pati dimana masyarakat setempat menyimpan barangnya pada saat barang sudah mulai langka dan biasanya terjadi saat mau musim hujan. Praktek penyimpanan seperti ini sudah ada sejak zaman dahulu tahun 1950-sekarang yang banyak  ditemui  di  Kec. Margoyoso  Kab.  Pati.  Namun  demikian, terjadi  permasalahan  dalam  barang  yang  dipasarkan akan mendapatkan suatu keuntungan yang sangat besar karena keterbatasan barang yang di pasarkan. Sehingga barang mulai langka dipasaran, baru  mereka  jual  kembali  ke  konsumen  dengan  harga yang  lebih tinggi dari harga sebelumnya. Berangkat dari fenomena tersebut maka penulis tertarik mengkaji lebih dalam mengapa praktek penyimpanan tepung  tapioka  tersebut  dapat  terjadi kemudian  dianalisis menggunakan pandangan hukum Islam.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  (field  research)  yang dilakukan di Kecamatan Margoyoso, untuk mencapai tujuan tersebut penulis   menggunakan   pendekatan   kualitatif,   yaitu menekankan analisis proses berfikir secara deskriptif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dan menggunakan logika ilmiah. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam  penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer hasil wawancara dengan pemilik perusahaan, dan karyawan tepung tapioka, sementara data sekunder berupa dokumen- dokumen, buku,  catatan  dan  foto.  Setelah  data  terkumpul  maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa: praktek penyimpanan tepung tapioka ini  sering terjadi yang mana pedagang  menyimpan barang dagangannya terlebih dahulu sebelum menjual kepada pembeli dengan memanfaatkan kelangkaan barang, mereka hanya menyimpan barangnya guna kebutuhan mereka di masa yang akan datang. Dalam hukum Islam itu sendiri talah dijelaskan bahwa penimbunan barang dengan maksud supaya barang yang beredar menjadi sedikit, termasuk. perbuatan mempersempit gerak pasar dan merusak ketentraman umum maka perbuatan penimbunan barang yang dimaksud dengan tujuan barang menjadi langka di masyarakat sekitar dan akhirnya harga menjadi naik, maka perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang haram. Maka disini penulis menyimpulkan bahwa perbuatan penyimpanan tepung tapioka di Kec. Margoyoso Kab. Pati itu bukan termasuk dalam  kategori penimbunan  karena mereka hanya menyimpan barangnya dan menjual ketika ada permintaan dari konsumen. Maka hal perbuatan ini boleh.

Kata kunci: penimbunan, tepung tapioka, hukum Islam. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi