Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

925. Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail Dan Jean Piaget Tentang Konsep Epistemologi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam

ABSTRAK

Konsep epistemologi merupakan kerangka berpikir dalam memperoleh pengetahuan. Manusia mampu berpikir secara ilmiah dengan konsep epistemologi untuk mendapatkan pengetahuan dengan hasilnya yaitu pemikiran. Pemikiran merupakan produk manusia yang paling mulia karena manusia diberikan akal, indera dan jiwa sebagai perangkat untuk berpikir. Oleh karena sangat beralasan konsep epistemologi adalah “key term” (istilah kunci) yang paling vital untuk pemikiran. Sedangkan pemikiran mampu menyusun konsep pendidikan untuk lebih maju. Tanpa adanya konsep epistemologi manusia tidak dapat menghasilkan pemikiran yang ilmiah dan tidak dapat meningkatkan pendidikan. Mengingat betapa urgennya konsep epistemologi dalam pemikiran, maka muncul beberapa pemikiran dalam dunia pendidikan. Pemikiran umat Islam tentang pendidikan di zaman sekarang banyak mengadopsi pemikiran orang Barat tanpa menfilter dan banyak melupakan pemikiran umat Islam terdahulu padahal pemikiran yang dihasilkan umat Islam banyak yang masih relevan dan sangat sesuai dengan tuntutan zaman yang krisis moral. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail dan Jean Piaget tentang Konsep Epistemologi dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep epistemologi dalam Islam dan Barat? Bagaimana pemikiran Ibnu Tufail dan Jean Piaget tentang konsep epistemologi? Serta bagaimana perbandingan dan sintesa konsep epistemologi Ibnu Tufail dan Jean Piaget? Apakah implikasinya pada Pendidikan Agama Islam?
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan analisis komparatif. Data penelitian ini menggunakan sumber data primer, yaitu Qishah Hayy ibn Yaqzhan karya Ibnu Tufail (Islam), The Psychology of Intelligence karya Jean Piaget (Barat) dan sumber data sekunder berupa History Of Islamic Philosophy karya Lenn E. Goodman (Barat) dan Personality Theories, Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia karya C. George Boeree diterjemah Inyiak Ridwan Muzir (Islam). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan content analysis. Sedangkan pembahasan menggunakan metode deduksi, induksi, dan komparasi.
Dari penelitian tersebut, terungkap bahwa konsep epistemologi dalam pemikiran Ibnu Tufail adalah segala daya manusia yang dilakukan untuk memahami hakikat segala sesuatu dengan rasio dan intuisi sehingga dalam pemikiran Ibnu Tufail ada 3 metode untuk mendapatkan pengetahuan yaitu: a) Amaliah menyerupai materi alam bawah (dunia) yaitu manusia dituntut mampu memahami dan menirukan perbuatan yang ia tangkap melalui panca inderanya; b)Amaliah menyerupai materi alam atas (luar angkasa) yaitu perbuatan manusia dituntut memahami bahwa perbuatan harus sesuai dengan nilai atau norma yang sedang berlaku karena bintang yang besar saja taat pada aturan orbitnya; c) Amaliah imateri (abstrak) yang menyerupai Yang Maha Agung yaitu perbuatan yang dilakukan manusia untuk lebih mendisiplinkan jiwanya agar selalu bersandar kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga perbuatan manusia sebagaimana sifat-sifat Allah seperti dalam Asma'ul Husna. Sedangkan konsep epistemologi dalam pemikiran Jean Piaget adalah upaya memperoleh pengetahuan melalui tindakan fisik, tindakan sosial ataupun kegiatan intelektual yang dilakukan manusia yang terbatasi dengan nilai intelektual, sosial dan moral baik di lembaga pendidikan maupun di lingkungan sosial selama hidupnya yang semuanya itu merupakan hasil pengambilan keputusan melalui struktur kognitifnya yang selalu beradaptasi, berasimilasi, berakomodasi dan berequilibrasi. Adapun perbedaan yang mendasar antara Ibnu Tufail dan Jean Piaget dalam memaknai intuisi sebagai sumber pengetahuan maupun sebagai alat, secara general konsep epistemologi keduanya memiliki keserupaan dalam aspek empiris. Ibnu Tufail lebih menekankan rasio dan intuisi sedangkan Jean Piaget pada rasio saja. Sedangkan persamaan secara operasional konsep epistemologi mereka serupa yaitu dengan membiarkan rasio bebas, belajar dengan konsep adaptasi, manusia sebagai subjek aktif yang tidak tabularasa dan indera sebagai penangkap pengalaman awal. Meskipun demikian, konsep epistemologi yang diusung oleh Jean Piaget itu tidak ada yang bertentangan dengan Islam sehingga perlu diadakan sintesa.
Dari sintesa kedua konsep epistemologi tersebut muncul konsep epistemologi terpadu yang selaras, yaitu kumpulan konsep memperoleh pengetahuan yang bersumber dari wahyu, rasio, indera, naluri dan intuisi untuk mengetahui hakikat al-Haqq dan beribadah kepada-Nya. Konsep epistemologi terpadu ini memberikan implikasi pada pendidikan agama Islam yang holistik, efektif, dan efisien.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah umat Islam untuk menjadikan wahyu, rasio, indera, naluri dan intuisi serta khazanah intelektual muslim sebagai sumber rujukan umat Islam dalam pengembangan intelektual, terutama dalam bidang pendidikan. Dan memicu tumbuhnya penelitian yang lebih mendalam tentang konsep epistemologi dalam Islam dengan pokok kajian yang berbeda.

Kata kunci: Konsep Epistemologi, Pemikiran Ibnu Tufail dan Jean Piaget, Pendidikan Agama Islam.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi