Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

20. Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Dan Pelatihan Pasca Uji Kompetensi Guru Matematika Di Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gambaran pelaksanaan program diklat Pasca UKG In On In guru matematika jenjang SMA di DIY dari aspek  context,  input,  process,  dan product; (2)  hambatan  dalam  pelaksanaan diklat; (3) upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan diklat.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian yaitu penanggung jawab kegiatan, tiga pengajar/fasilitator, dan empat peserta diklat dari 106 guru menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian ini berada di Hotel NEO+ Awana Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber.  Teknik  yang digunakan  dalam  analisis  data  yaitu  pengumpulan  data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  yaitu:  1) gambaran  pelaksanaan  program  (a)  komponen konteks: latar belakang penyelenggaraan diklat sesuai dengan tugas dan fungsi PPPPTK Matematika, tujuan program  adalah untuk meningkatkan kompetensi dan nilai UKG guru yang memiliki nilai UKG dibawah 50. (b) komponen masukan: latar belakang sumber daya manusia yaitu satu orang penanggung jawab kegiatan, delapan fasilitator, dan tiga belas panitia sudah sesuai dengan kebutuhan diklat. Kurikulum relevan dengan kebutuhan peserta diklat yaitu peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional  guru. Sarana prasarana lengkap namun luas sarana kelas D dan pencahayaan kelas A kurang representatif. (c) komponen proses: Jenis media yang digunakan yaitu media visual, audio-visual, dan multimedia dengan metode pembelajaran yang bervariasi. Pelaksanaan diklat In service 2 tidak sesuai jadwal karena berdekatan dengan jadwal UKG 2015 yang diikuti juga oleh peserta diklat. (d) komponen hasil: seluruh peserta diklat lulus dan mengalami peningkatan rata-rata nilai akhir pre-test ke post-test. 2) hambatan pelaksanaan diklat: (a) hilangnya seminar kit, modul, dan soal pre-test; (b) akses menuju ruang kelas kurang nyaman; (c) ruang kelas D sempit dan pencahayaan kelas A kurang memadai; (d) kejenuhan peserta mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas karena padatnya waktu dan materi terlalu banyak. 3) upaya dalam mengatasi hambatan: (a) mengganti perlengkapan yang hilang dengan yang baru, (b) pengajar mengubah metode pembelajaran menjadi diskusi kelompok agar peserta turut aktif dan lebih bersemangat. Hambatan fisik terkait luas ruangan dan pencahayaan tidak ditemukan solusi dikarenakan kewenangan hotel.

Kata kunci:  diklat, pasca uji kompetensi guru (UKG), evaluasi 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi