Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

21. Menggambar Karikatur Dengan Teknik Montase Dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas V Sd Negeri

ABSTRAK
Pembelajaran seni rupa  yang dilaksanakan di SD Negeri Pringsari 1 kurang variatif dalam hal materi ajar praktik. Oleh karena itu perlu adanya penerapan materi ajar yang menarik untuk mengembangkan kreativitas siswa, salah satunya adalah menggambar  karikatur  dengan  teknik montase.  Rumusan  masalah  yang  dikaji adalah bagaimana proses pembelajaran siswa dalam menggambar karikatur dengan teknik montase?, bagaimana hasil pembelajaran siswa dalam menggambar karikatur dengan teknik montase? dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran siswa dalam menggambar karikatur dengan teknik montase?. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,  wawancara  dan  dokumentasi. Teknik analisis  data  yang  digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) proses pembelajaran menggambar karikatur  dengan teknik montase berjalan sesuai  dengan  prosedur melalui  pendekatan demonstrasi, penugasan,  dan  pendampingan individual  dan kelompok, (2) hasil yang diperoleh siswa dalam menggambar karikatur menunjukkan kategori baik dengan rician pada pengamatan terfokus 1 memperoleh rata-rata nilai 75,83 sementara itu pada pengamatan terfokus 2 siswa memperoleh nilai  rata-rata 82,31, (3)  faktor  yang mendukung adalah kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran, antusias siswa  dalam mengikuti pelajaran, kemampuan siswa dalam menggambar, keterampilan siswa dalam menggunakan crayon, dan kesiapan guru. Sementara itu, faktor yang menghambat adalah kondisi pembelajaran yang kurang kondusif, kemampuan dalam menggunakan pensil warna,pengetahuan tentang seni rupa yang masih rendah, danalokasi waktu pembelajaran yang terbatas. Saran  yang  direkomendasikan dalam  proses    pembelajaran tersebut guru  perlu mendampingi siswa dengan berkeliling untuk meninjau keadaan siswa, guru perlu menentukan media berkarya yang sama pada semua siswa, dan guru perlu sering memperlihatkan contoh-contoh karya seni rupa kepada siswa.

Kata Kunci: menggambar, karikatur, montase, pembelajaran seni rupa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi