Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

23. Diorama Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Cerita Rakyat Jawa Tengah Untuk Anak Usia Dini.

ABSTRAK
Cerita rakyat merupakan salah satu warisan dari leluhur bangsa Indonesia yang  mengandung banyak  nilai-nilai dan pembelajaran yang positif bagi anak khususnya usia dini. Pendidik dalam pembelajaran cerita rakyat masih terpaku menggunakan media handout, maka dari itu penulis mencoba mengembangkan alternatif media pembelajaran baru  menggunakan media diorama yang berupa karya 3 dimensi dengan narasi dan sistem audio sebagai pelengkap. Dalam proyek studi ini penulis ingin mentransformasikan cerita rakyat khususnya Jawa Tengah ke dalam bentuk Diorama berskala 1:14 dalam rangka melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerita rakyat yaitu Legenda Bulus Sumber, Dua Orang Sunan Beradu Jago, Timun Mas dan Si Kancil. Tujuan dalam Proyek Studi ini adalah menghasilkan delapan diorama sebagai media pembelajaran anak usia dini.
Bahan  yang  digunakan  yaitu  plaster  cloth,  polimer  clay,  kertas,  busa, karton resin dan lain-lain.  Alat  yang  digunakan  yaitu  kuas,  hobby knife tool, komputer,  kompor,  panci,  gunting dan  cutter.  Teknik berkarya  diorama  yaitu teknik modeling dan carving. Proses penciptaan karya diorama melalui tahapan dari pemilihan cerita rakyat  dari Jawa Tengah,  pemilihan adegan, pembuatan desain,   penentuan   skala,   pengumpulan   bahan   dan   alat,   pembuatan   latar, pembuatan figur, perakitan, finishing, pembuatan desain layout narasi cerita dan display.
Penulis telah menghasilkan delapan karya diorama dari empat cerita rakyat Jawa Tengah yang dipilih dan satu desain layout narasi cerita sebagai panduan untuk pendidik untuk mengetahui cerita secara keseluruhan, diorama juga dilengkapi dengan efek  suara dan prolog  cerita tiap-tiap  adegan yang  sedang ditampilkan. Analisis yang dilakukan mencakupi spesifikasi karya berupa ukuran dan media, deskripsi karya tentang penggambaran wujud karya yang dibuat dan cerita apa yang sedang berlangsung dalam diorama tersebut. Analisis karya antara lain bentuk patung figur, warna yang digunakan dalam pembuatan diorama, teknik yang  digunakan  dalam  pembuatan,   pencahayaan sebagai  faktor  penunjang diorama, penempatan dan pose dari tiap-tiap figur yang dibuat beserta atribut yang digunakan. Figur-figur manusia dan hewan di dalam karya digambarkan dengan corak imitatif dengan mempertahankan ciri khas dalam masing-masing tokoh.
Dengan  diciptakannya  diorama  cerita  rakyat  Jawa  Tengah  diharapkan dapat digunakan orang tua atau guru sebagai alternatif media pembelajaran cerita rakyat Jawa Tengah bagi anak. Bagi anak-anak diharapkan dapat menumbuhkan minat untuk mau melestarikan, mengenali dan menyukai cerita-cerita rakyat setempat.   Semoga   karya diorama   cerita   rakyat   Jawa   Tengah   ini   dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak sebagai media apresiasi bagi penikmat seni. 

Kata Kunci : Diorama, Cerita Rakyat, Alternatif Media Pembelajaran, Anak Usia Dini.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi