Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

34. Efektifitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat

ABSTRAK
Kegiatan pinjam-meminjam uang telah dilakukan sejak lama dalam kehidupan masyarakat yang telah mengenal uang sebagai alat pembayaran. Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, bahwa tugas pokok suatu bank adalah menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkan dana tersebut ke masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk  kredit.  PT  Bank  XXX  Medan  juga  menyalurkan fasilitas kredit sebagaimana bank pada umumnya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa peminjam dalam meminjam uang dipergunakan untuk membiayai kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau untuk memenuhi keperluan dana guna pembiayaan kegiatan usaha. Dengan demikian, kegiatan pinjam-meminjam uang sudah merupakan bagian dari kehidupan mayarakat saat ini. Dalam pelaksanaan kredit usaha rakyat terdapat berbagai faktor-faktor yang menjadi acuan efektif tidaknya kredit usaha rakyat tersebut karena itu perlu diteliti mengenai acuan tersebut. Berdasarkan pemaparan diatas, bahwa terdapat beberapa masalah yang layak dikaji sebagai objek penelitian sehingga penulis tertarik untuk mengangkat dengan judul: Efektivitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.
Adapun metode yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah metode Normatif  Empiris, yaitu  metode  penelitian  yang  dilakukan  dengan menggabungkan antara penelitian hukum normatif (penelitian perpustakaan) dengan penelitian hukum empiris yang berdasarkan data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan melalui wawancara dan penyampaian pertanyaan terhadap efektifitas pelaksanaan kredit usaha rakyat.
Pasal 1 angka 1 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20/PMK.05/2015 ,Kredit  Usaha Rakyat ialah  kredit/pembayaan  modal  kerja  dan/atau  investasi kepada debitur usaha yang produktif dan layak,namun belum memiliki agunan tambahan  atau  agunan  tambahan  belum  cukup .  KUR adalah  program  yang dirancang oleh pemerintah namun sumber dananya sepenuhnya berasal dari bank. Manfaat KUR adalah untuk meningkatkan dan mempercepat pengembangan sektor-sektor primer   dan   pemberdayaan   usaha   skala   kecil,   memperluas kesempatan   kerja, untuk meningkatkan   aksestabilitas   terhadap   kredit   dan lembaga-lembaga keuangan, dan mengurangi tingkat kemiskinan. Adapun sasaran program KUR, yaitu kelompok masyarakat yang telah dilatih dan ditingkatkan keberdayaan kemandiriannya pada program sebelumnya. Harapannya agar kelompok masyarakat tersebut mampu memanfaatkan skema pendanaan yang berasal dari lembaga keuangan formal.

Kata Kunci: Pinjam-meminjam, Kredit Usaha Rakyat ( KUR ).

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi