Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

59. Rancang Bangun Timbangan Digital dengan Kelauran

ABSTRAK
   Sistem penimbangan  beras yang dilakukan pedagang saat ini masih secara manual dianggap kurang efesien  karena membutuhkan waktu yang cukup lama jika dilakukan secara banyak. Bahkan sebagian pedagang beras untuk mendapatkan keuntungan yang lebih mereka rela berbuat curang dengan mengurangi timbangan. Hal ini jelas merugikan pembeli. Walaupun sekarang sudah ada timbangan digital tapi itu belum mampu mengatasi masalah pedagang karena timbangan hanya bisa melakukan penimbangan dengan berat saja. Untuk mengatasi itu semua maka dibuatlah rancang bangun timbangan digital dengan kelauran berat dan harga berbasis mikrokontroler untuk mempermudah pedagang beras untuk melakukan penjualan beras. 
   Dalam melakukan penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantatif dengan metode eksperimental. Selain itu, pembuatan sistem yang akan dibangun menggunakan metode perancangan. Adapun tahapan tahapan dalam sistem ini adalah menggambarkan flowmap yang sedang berjalan kemudian merancang flowchart dan blok digram untuk gambaran atau alur kerja sistem yang akan dibuat dan diuji menggunakan metode pengujian blackbox. 
  Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah alat timbangan digital dengan kelauran berat dan harga berbasis mikrokontroler  dengan menggunakan  sensor berat  atau load cell. Alat ini dilengkapi 3 fitur jenis pembelian yaitu pembelian beras dengan Kg, Liter,  nominal  harga, satu  1 fitur untuk melakukan kalibrasi timbangan dan reset harga beras jika terjadi perubahan harga. Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh peneliti alat ini berfungsi dengan baik dan mampu mengatasi permasalahan yang selama ini dialami pedagang.

Kata Kunci : Timbangan Digital,  Sensor Berat (Load Cell),  Mikrokontroler.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi