Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

101. Analisis Perubahan Pemanfaatan Lahan Pertanian Menjadi Kawasan Terbangun terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Petani

ABSTRAK
Perluasan Kabupaten Gowa mengekpansi Kecamatan Pallangga yang merupakan daerah pertanian sehingga terjadi perubahan fungsi dari lahan pertanian ke lahan non pertanian.   Fenomena yang terjadi adalah alih fungsi lahan (Konversi lahan). Fenomena tersebut akan berdampak pada produktivitas pertanian dan perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat petani dalam hal ini penurunan tingkat kesejahteraan karena  kehilangan  tempat mata  pencaharian. Tentunya di butuhkan penelitian untuk mengungkap kebenaran hal tersebut .
Dari permasalahan tersebut timbul pertanyaan bagaimana dampak setelah terjadinya perubahan pemanfaatan lahan, dari pertanian menjadi kawasan terbangun terhadap kondisi ekonomi masyarakat di Kecamatan Pallangga? Bagaimana upaya peningkatan ekonomi masyarakat dengan terjadinya perubahan pemanfaatan lahan, dari pertanian menjadi kawasan terbangun di Kecamatan Pallangga?
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan didukung data kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden, cara wawancara mendalam dan pengamatan selama penelitian berjalan. Data sekunder diperoleh dari dokumen, baik dokumen pemerintah desa/kelurahan maupun tokoh dan lembaga yang ada.   Adapun Variabel yang digunanakan adalah perubahan pemanfaatan lahan pertanian, faktor dan pengaruh alih fungsi lahan.   Alat Analisis yang digunanakan adalah metode overlay dan SWOT. Faktor yang mempengaruhi adalah harga lahan, mata pencaharian, tingkat pendapatan dan produktivitas pertanian.
Perhitungan statistik menunjukkan bahwa konversi lahan dalam kasus ini berpengaruh positif terhadap tingkat kesejahteraan rumahtangga petani. Dalam hal ini,  sebuah  rumahtangga  petani akan  lebih  sejahtera  ketika  mengkonversikan lahannya menjadi lokasi usaha industri.

Kata Kunci : Konversi Lahan,  Sosial Ekonomi Masyarakat dan Perluasan Kota
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi