Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

81. Peran Guru Ppkn Dalam Mengatasi Berbagai Tipologi Pelanggaran Tata Tertib Di Smk Muhammadiyah

SARI
Kata Kunci: Peran Guru, Tipologi Pelanggaran

Peran guru sebagai pendidik merupakan peran yang sangat berkaitan dengan tugas memberikan bantuan dan dorongan (support), tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan peserta didik agar patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Guru juga sangat berperan dalam mengatasi tipologi pelanggaran. Topologi pelanggaran merupakan perilaku yang menyimpang untuk melakukan tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang telah dibuat, bentuk penyimpangan-penyimpangan  tersebut  diklasifikasikan berdasarkan tingkat perilaku manusia. Oleh karena itu, guru harus bisa berperan dalam mengatasi berbagai tipologi pelanggaran yang dilakukan peserta didik supaya mereka dapat mematuhi norma-norma dan peraturan baik di sekolah, lingkungan keluarga, da lingkungan masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana peran guru PPKn dalam menanggulangi berbagai tipologi pelanggaran tata tertib siswa di SMK Muhammadiyah 1 Banjarnegara, (2) hambatan apa saja yang muncul dalam upaya guru PPKn menanggulangi berbagai tipologi pelanggaran tata tertib di SMK Muhammadiyah 1 Banjarnegara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan   data   dalam penelitian   ini   menggunakan   teknik   observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi Penelitian adalah di SMK Muhammadiyah 1 Banjarnegara,  yang terletak di Jalan Let.Jend Suprapto No. 177C, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini, untuk menjamin validitas data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan guru PPKn dalam mengatasi berbagai tipologi pelanggaran tata tertib  yaitu melalui peran sebagai  pembimbing,  peran  sebagai agen  moral,  peran  sebagai  model/suri tauladan, peran sebagai komunikator. Upaya guru untuk mengatasi tipologi pelanggaran tata tertib yang pertama melalui upaya secara umum yaitu dengan mengetahui kesulitan-kesulitan dan penyebab secara umum  yang dialami oleh siswa, usaha pembinaan terhadap siswa. Sedangkan upaya yang kedua yaitu upaya secara khusus melalui orientasi diri dan penyesuaian diri. Dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa, terdapat hambatan-hambatan seperti alokasi waktu yang terbatas di dalam sekolahan, pergaulan teman sebaya yang sangat berpengaruh terhadap  perkembangan siswa,  sikap masa bodoh siswa terhadap nasihat guru.
Saran  yang  diajukan  dalam  penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut:  (1) dengan masih banyaknya tipologi pelanggaran tata tertib di SMK Muhammadiyah Banjarnegara diharapkan guru PPKn mampu meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan dan pembinaan dalam mengatasi tipologi pelanggaran tata tertib siswa dapat  tercapaidan  berhasil  secara  optimal.  Karena  peran  Guru PPKn sangat penting dalam membentuk moral dan kepribadian siswa supaya patuh terhadap peraturan (2) sekolah diharapkan mampu meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi tipologi pelanggaran siswa di sekolah. Karena bimbingan dan konseling merupakan peran utama dalam mengatasi tipologi pelanggaran tata tertib. Sehingga dengan adanya peningkatan peran bimbingan dan konseling, pelanggaran tata tertib siswa dapat terkurangi dan teratasi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi