Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

22. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Potensi Guru di SMA

ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai, bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 4 Bulukumba, bagaimana ragam pemberdayaan potensi guru di SMA Negeri 4 Bulukumba, dan apa faktor pendukung dan  penghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam pemberdayaan  potensi guru di SMA Negeri 4 Bulukumba.
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui pelaksanaan  manajemen berbasis sekolah, mengetahui ragam pemberdayaan potensi guru, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam pemberdayaan potensi guru di SMA Negeri 4 Bulukumba. 
Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu  kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisi datanya adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, intrepretasi data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan MBS dalam pemberdayaan potensi guru terlaksana dengan baik karena adanya kerja sama antara Kepala Sekolah, guru-guru serta staf. Hal ini dilihat dari segi potensi guru dalam manajemen kurikulum, potensi guru dalam manajemen tenaga kependidikan, potensi guru dalam manajemen kesiswaan, potensi guru dalam pengelolaan keuangan, serta potensi guru dalam penyediaan sarana dan prasarana. Adapun fakt or pendukungnya yaitu pertama, dukungan pemerintah berupa pemberian dana BOS, alokasi dana pemerintah daerah dan pemberian kewenangan dalam pengelolaan sekolah. Kedua, dukungan guru berupa tenaga pengajar yang berkualifikasi S1 dan S2 serta guru yang tersertifikasi. Dan ketiga,dukungan siswa berupa jumlah siswa yang semakin meningkat dan adanya bantuan sukarela dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana prasarana dan dana masih terbatas serta peran masyarakat yang belum maksimal.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Potensi Guru 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi