Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

17. Faktor Yang Mempengaruhi Deviden Per Share Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEJ

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang.

Manajemen keuangan merupahkan fungsi dan tanggung jawab dari seorang menajer keuangan, Dimana dalam pelaksanaannya tanggung jawab oleh seorang manajer keuangan akan sangat menentukan kelangsungan hidup dari perusahaan.Yang pertama, keputusan pendanaan(financing). Berkat dengan penentuan sumber dana yang akan digunakan, penentuan pertimbangan pembelanjakan yang terbaik, atau penentuan stuktur modal yang optimal. Yang kedua, keputusan investasi(invesment). Keputusan ini sangat menentukan keseluruhan  jumlah  aktiva  yang  ada  pada  perusahaan,  komposisi  dari  aktiva- aktiva tersebut, beserta tingkat resikonya. Yang ketiga, keputusan deviden. Menyangkut   keputusan   dalam   penentuan   cash   devidend,   penentuan   stock devidend dan pembelian kembali saham. Ketiga keputusan ini akan dapat di pisahkan satu sama lainnya. Masing-masing keputusan diintegrasikan untuk memaksimumkan nilai perusahaan, yang dicerminkan dari harga pasar sahamnya.
Sesuai dengan fungsi manajemen keuangan pada umumnya, maka pembagian deviden bertujuan untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau harga saham. Selain itu tujuan pembagian deviden juga untuk menunjukkan likuiditas perusahaan.
Dari  sisi  investor,  deviden  merupakan  salah  satu  penyebab  timbulnya motivasi investor menanamkan dananya di pasar modal. Investor lebih menyukai deviden dari pada capital gain. Alasannya adalah deviden merupakan penerimaan yang lebih pasti dibanding capital gain. Hal ini disebabkan mereka menganggap bahwa deviden sekarang lebih berharga dibandingkan dengan capital gain yang diperoleh di   kemudian   hari.   Sehingga   perusahaan   sering   menggunakan pengumuman deviden untuk menaikkan harga saham. Dimana Capital Gain merupakan kelebihan harga jual diatas harga beli saham.
Karena informasi yang dimiliki investor di pasar modal sangat terbatas, maka perubahan  devidenlah  yang  akan  dijadikan  sebagai  sinyal  untuk  mengetahui kinerja perusahaan.
Pada tanggal 1 April 1976, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Paket Ekspor yang memberikan berbagai kemudahan guna meningkatkan kinerja ekspor  manufaktur  Indonesia.  Kemudahaan-kemudahan  tersebut  antara  lain berupa  penurunan  pajak  ekspor  50  persen,  atau  bahkan  100  persen,  untuk sebagian barang ekspor, ditambah lagi dengan penghapusan bea materai dan pungutan cess yang ditujukan untuk menekan biaya produksi, serta dilengkapi pula dengan penambahaan kredit ekspor lengkap dengan lembaga asuransi yang menjaminnya. Dari tahun 1980 hingga 1992, ekspor barang-barang manufaktur tumbuh rata-rata 20 persen sampai 30 persen per tahun. Namun sayangnya resesi yang  berkepanjangaan  mempengaruhi  permintaan  ekspor  sehingga  berkurang pada tahun 1993. Periode tersebut juga bebarengan dengan melambatnya momemtum   reformasi   dan   meluasnya   rintangan   peraturan   dalam   negeri (Hill,2002) 

Berdasarkan dengan masalah diatas dan untuk meneruskan penelitian terdahulu penulis       tertarik       untuk       melakukan       penelitian       dengan       judul “ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEVIDEN PER   SHARE   PERUSAHAAN   MANUFAKTUR   YANG   LISTING   DI BURSA EFEK JAKARTA
TH 2001 – 2003 “.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam melakukan investasi agar seorang investor memperoleh keuntungan yang maksimal mungkin, maka seorang investor harus mengetahui :
1.   Apakah ( CR, DER, DPS tahun sebelumnya, EPS, dan TATO ) merupakan faktor – faktor yang mempengaruhi kebijakan pemberian deviden per share kepada para pemegang saham?
2.  Berapa besar tingkat pengaruh faktor – faktor tersebut dalam penentuan kebijakan pemberian deviden yang akan dilakukan?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1 Tujuan penelitian.
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui berapa besar tingkat pengaruh faktor – faktor yang ada ( CR, DER, DPS tahun sebelumnya, EPS dan TATO ) terhadap kebijakan pembagian deviden per lembar saham. 

1.3.2  Manfaat penelitian.
1. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberi masukan kepada investor, calon investor dan perusahaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan deviden sehingga memudahkan perusahaan dalam menentukan kebijakan devidennya dan investor dapat lebih memahami perilaku deviden yang ada serta memudahkan investor dalam pengambilan keputusan.
2.   Bagi   penulis,   penelitian   ini   merupakan   suatu   media   untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh selama ini, dengan demikian penulis dapat mengetahui perbedaan dan membandingkan antara teori yang telah dipelajari, bagaiman menerapkannya dan fakta yang terjadi di lapangan. 

1.4. Sistematika Penulisan
Skripsi ini disusun dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I     Pendahuluan.

Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, batasan masalah, sistematika pembahasan.
BAB II    Kajian Pustaka.

Bab ini berisi tentang teori-teori yang menjadi dasar pemecahan masalah yang dihadapi antara lain tentang, pengertian dan tujuan pembagian deviden, macam-macam deviden, dan kebijakan-kebijakan teory deviden dan penelitian terdahulu dan hipotesis.
BAB III   Metode Penelitian.

Bab   ini   berisikan   tentang   variabel   yang   dipakai   dalam  penelitian, pemilihan sampel, data-data penelitian, sumber pengumpulan data, metode pegumpulan data dan rancang pengujian hipotesis serta pernyataan hipotesis.
BAB IV   Analisa Data.

Bab ini membahas tentang deskripsi hasil penelitian berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan pembahasan hasil penelitian yang telah diuraikan, pengujian dan analisis hipotesis.
BAB V     Kesimpulan  Dan Saran.

Dalam Bab ini dipaparkan kesimpulan-kesimpulan dari seluruh bahasan penulisan.

FREE DOWNLOAD  Klik Disini

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi