Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

48. Pengumuman Dividen terhadap Saham

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang memiliki dana dengan pihak yang membutuhkan dana dengan cara memperjualbelikan sekuritas. Pasar modal juga bisa diartikan sebagai pasar untuk memperjualbelikan sekuritas yang umumnya memiliki umur lebih dari satu tahun, seperti saham dan obligasi. Sedangkan tempat dimana terjadinya jual beli sekuritas disebut bursa efek. Bursa efek merupakan arti dari pasar modal secara fisik. Di Indonesia, terdapat dua bursa efek, yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES). (Tandelilin, 2001).
Investor sebagai penanam modal, menginvestasikan dananya bertujuan untuk mendapatkan imbalan atau pendapatan dari dana yang diinvestasikan. Bagi investor yang menginvestasikan dananya pada suatu saham perusahaan akan memperoleh pendapatan yang berupa deviden atau capital gains.
Dividen adalah pendapatan yang diperoleh setiap periode selama saham masih  dimiliki,  sedangkan  capital  gains  adalah  pendapatan  yang  diperoleh karena harga jual saham lebih tinggi daripada harga belinya. Pendapatan ini baru diperoleh jika saham dijual. Capital gains banyak dimanfaatkan oleh para spekulator karena lebih bersifat harian sesuai dengan perubahan harga saham yang terjadi pada setiap hari perdagangan saham. Spekulator harus mempunyai informasi mengenai faktor pemicu perubahan harga saham. Kemungkinan salah satu faktor pemicu adalah besarnya dividen yang dibayarkan perusahaan.
Jika   adanya   reaksi   harga   saham   yang   diakibatkan   dari   suatu pengumuman, maka bisa diartikan bahwa pengumuman itu mengandung informasi. Reaksi harga saham dapat   diukur dengan menggunakan abnormal return saham sebagai nilai perubahan harga. Pengumuman pembayaran dividen dikatakan mengandung informasi apabila memberikan return yang signifikan kepada pasar. Hal sebaliknya juga bila pengumuman pembayaran dividen tidak memberikan abnormal return yang tidak signifikan maka itu tidak mengandung informasi.
Beberapa penelitian yang dilakukan baik di Indonesia maupun di luar negeri masih memberikan hasil yang beragam, seperti hasil penelitian yang dilakukan Indah Patmawati(1999), Kartini (2001) dan Sudjoko (1999). Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pengumuman dividen mengandung informasi. Penelitian yang dilakukan Amsari(1993) Soetjipto (1997) dan Sugeng (2000) tidak menemukan bukti adanya kandungan informasi dividen.
Penelitian yang dilakukan di luar negeri pun sama, seperti dalam Jogianto(2000)  bahwa  hasil  kesimpulan  dari  penelitian  yang  dilakukan  Watts(1973,1976), Ang(1975) dan Gonedes(1978) tidak menemukan bukti jika dividen mengandung informasi. Namun hasil lain mengungkapkan bahwa pengumuman dividen   mengandung   informasi,   seperti   hasil   Mande   (1994),   Eddy   dan Seifert(1992) Chang dan Chen(1991), Laub (1976) Woolridge (1982).
Motivasi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai topik ini karena penelitian mengenai kandungan informasi dividen yang dilakukan di Indonesia masih berlainan. Maka peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut. Ditambahkan  pula  mengenai  kandungan  informasi  perubahan  pembayaran dividen yang dilakukan perusahaan. Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pengumuman Dividen terhadap Return Saham”.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan permasalahan yang diajukan adalah: Apakah pengumuman deviden berpengaruh terhadap return saham?

1.3 Batasan Masalah
Dalam penelitian ini batasan masalah hanya pada perusahaan-go public yang melakukan pengumuman deviden tunai pada tahun 2000-2003, dan mengalami kenaikan atau penurunan jumlah dividen tunai yang akan dibayar dari periode sebelumnya.

1.4   Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah pengumuman pembayaran dividen mengandung   informasi   bagi   investor   .dan   apakah   kenaikan   ataupun penurunan pembayaran dividen tunai berpengaruh terhadap return saham.
1.4.2 Manfaat Penelitian
a.  Menerapkan  ilmu  yang  didapat  selama  mengikuti  kuliah  dan  sebagai prasyarat untuk menyelesaikan studi strata satu pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
b.   Menambah   wawasan   bagi   penulis   mengenai   pengaruh   perubahan pembayaran dividen tunai terhadap return saham
c.   Sebagai referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan. d.   Memberikan sumbangan terhadap ilmu pengetahuan.

1.5   Organisasi Penelitian
1.   Bab I , Pendahuluan
Bab ini memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, serta sistematika penulisan. 
2.   Bab II, Kajian Pustaka
Berisi bahasan yang menjadi orientasi atau dasar teori bagi penelitian yang akan dilakukan dengan cara studi pustaka.
3.   Bab III, Metode Penelitian
Dalam bab ini melaporkan tentang pengambilan dan teknik populasi dan sampel. Pelaksanaan pengumpulan data. Pengolahan data antara lain mengenai cara pengolahan data, rumus yang dipakai, kriteria dalam menarik kesimpulan.
4.   BabIV, Analisis dan Pembahasan
Dalam bab ini disajikan pengklarifikasian, penafsiran atau pengolahan data dengan cara yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya. Hasilnya disajikan dalam bentuk secara verbal dengan kata-kata dan secara matematis dalam bentuk angka-angka.
5.   Bab V, Penutup
Berisi kesimpulan umum dari keseluruhan umum dari keseluruhan penelitian serta kesimpulan khusus dari penelitian, implikasi atau kegunaan hasil penelitian serta saran-saran terhadap kemungkinan manfaat dari penelitian ini serta tindak lanjutnya.

FREE DOWNLOAD Klik Disini 

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi