Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

78. Efisiensi Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Proyek Konstruksi Dengan Metode Crashing Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Pandaan - Malang Zona 1

BAB I.
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang 
Analisis waktu dan biaya pelaksanaan proyek merupakan unsur yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu proyek, terjadinya keterlambatan dalam suatu proyek akan menyebabkan pembiayaan melampaui batas anggara yang direncanakan, bila jadwal dan waktu tidak terkendali sebagaimana mestinya makan akan merugikan berbagai pihak. Yang menjadi faktor keberhasilan suatu proyek dapat dilihat dari singkatnya waktu dan minimalnya biaya yang dikeluarkan dengan tidak mengurangi kualitas dari suatu pekerjaan proyek tersebut. Pekerjaan proyek yang dikelola secara sistematis akan meghasilkan pekerjaan yang selesai dengan tepat waktu bahkan bisa lebih cepat, dan berdampak pada minimalnya biaya yang dikeluarkansehingga akan memberikan keuntungan dan akan terhindar dari denda akibat terlambatnya penyelesaian proyek.
Dalam perencanaan proyek konstruksi, perkiraan efisiensi waktu dan biaya sangatlah penting untuk direncanakan. Dengan efisiennya waktu dan biaya maka pelaksana proyek akan mendapatkan ketepatan waktu selesainya proyek dan tentunya keuntungan yang maksimal dari proyek tersebut. Maka, untuk mendapatkan efisiensi waktu dan biaya harus membuat jaringan proyek (network)
untuk mencari kegiatan-kegiatan apa yang kritis serta menghitung durasi proyek dan mengetahui total dari sumber daya (resources) yang dibutuhkan.
Pada penelitian ini akan membahas analisis tentang percepatan percepatan waktu dan biaya pelaksanaan “Proyek Pembangunan Jalan Tol Pandaan – Malang Zona 1 pada STA 12+525 – 13+725” menggunakan metode penambahan jam kerja (lembur) yang bervariasi mulai dari 1 jam sampai dengan 3 jam lembur dan menentukan penambahan tenaga kerja menggunakan program Microsoft Project 2010. Dengan analisis tersebut dapat diketahui perubahan biaya dan penambahan tenaga kerja dan akan diketahui sebelum dan sesudah dilakukannya percepatan waktu (crashing) mana yang lebih besar.

1.2. Rumusan Masalah 
Penelitian diharapkan proyek memiliki kejelasan dalam pengerjaannya, sehingga rumusan msalahnya sebagai berikut:
1. Berapa perbedaan waktu dan biaya sebelum dan sesudah kompresi durasi dan penambahan jam kerja?
2. Berapa perubahan waktu dan biaya sesudah melalui kompresi durasi dan penambahan alat kerja?
3. Berapa selisih dari perbandingan biaya dari kompresi durasi dengan penambahan jam kerja, biaya akibat penambahan alat dan biaya denda?

1.3. Lingkup Penelitian 
Adapun lingkup peneletian kali ini adalah “Proyek Pembangunan Jalan Tol Pandaan – Malang” khususnya pada zona 1 (satu) dengan STA 12+525 – 13+725 yang terletak di desa Tejowangi sampai desa Capang di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan

1.4. Tujuan Penelitian 
Tujuan dari penelitian ini antara lain:
1. Untuk mencari durasi pelaksanaan konstruksi yang optimal dan mengevaluasi biaya pelaksanaan konstruksi dalam kaitannya dengan waktu pelaksanaan yang telah dioptimalkan pada pelaksanaan proyek tersebut.
2. Menghitung perubahan waktu dengan biaya dengan penambahan tenaga kerja
3. Mengetahui perbandingan selisih biaya antara kompresi durasi dengan penambahan jam kerja serta penambahan tenaga kerja 4. Menghitung perubahan waktu dan biaya pada pelaksanaan proyek dengan cara menambahkan variasi jam lembur dari 1 jam sampai 3 jam kerja.

1.5. Manfaat Penelitian 
Tujuan dari peneletian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut:
1. Sebagai tolok ukur untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang manajemen konstruksi dan dijadikan kajian untuk penelitian selanjutnya.
2. Sebagai masukan ataupun bahan pertimbangan untuk perusahaan dalam mengambil keputusan/kebijaksanaan dalam pelaksaan proyek.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi