Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

81. Pembuatan Perangkat Lunak Perhitungan Bantalan Kayu Dan Beton Blok Tunggal Berbasis Visual Basic For Application (Vba) Exceltm

BAB I.
PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang
Pentingnya peranan kereta api dalam mensejahterakan masyarakat harus didukung dengan pembangunan prasarana kereta api yang baik, dimana perencanaan prasarana kereta api harus dilakukan dengan benar dan tepat sesuai dengan pedoman yang berlaku di Indonesia.
Salah satu hal yang penting dalam perencanaan prasarana kereta api adalah struktur rel itu sendiri. Perhitungan yang tepat akan mengurangi dampak kecelakaan yang terjadi di jalur kereta api. Menurut Peraturan Dinas No. 10 tahun 1986 tentang Perencanaan Konstruksi Jalan Rel, perencanaan konstruksi jalan rel harus direncanakan sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan ekonomis. Secara teknis diartikan konstruksi jalan rel tersebut harus dapat dilalui oleh kendaraan rel dengan aman dengan tingkat kenyamanan tertentu selama umur konstruksinya. Secara ekonomis, pembangunan dan pemeliharaan konstruksi jalan rel diharapkan dapat diselenggarakan dengan biaya yang sekecil mungkin dimana masih memungkinkan terjaminnya keamanan dan tingkat kenyamanan. 
Perencanaan dan perhitungan salah satu komponen struktur rel, yaitu bantalan rel, mempunyai langkah perhitungan yang cukup panjang karena mencakup penggunaan fungsi trigonometri dan fungsi hiperbolikus sehingga memakan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Waktu pengerjaan tersebut sesungguhnya dapat diefektifkan dengan menjadikan langkah-langkah perhitungan dalam program komputer.
Perhitungan dimensi bantalan rel pada program komputer diharapkan dapat mempersingkat waktu menjadi lebih efisien untuk perencanaan dan memberikan hasil yang lebih cepat dan akurat.

1.2. Rumusan Masalah 
Berdasarkan pemaparan latar belakang tersebut, dengan dibuatnya perangkat lunak perhitungan bantalan kayu dan beton blok tunggal berbasis Visual Basic for Application Excel dapat meminimalisir waktu pengolahan data menjadi lebih efisien dan memperoleh hasil yang lebih cepat dan akurat. 

1.3. Lingkup Penelitian 
Adapun lingkup penelitian pada Tugas Akhir ini antara lain.
1. Program yang digunakan adalah Visual Basic for Application Excel.
2. Perhitungan bantalan yang digunakan adalah perhitungan dimensi pada bantalan kayu dan bantalan beton blok tunggal.
3. Langkah-langkah perhitungan ini mengacu pada Peraturan Dinas No. 10 tahun 1986 tentang Perencanaan Konstruksi Jalan Rel. 

1.4. Tujuan Penelitian 
Adapun tujuan yang hendak dicapai berdasarkan rumusan masalah adalah.
1. Untuk membuat program komputer perhitungan dimensi bantalan kayu dan beton blok tunggal berbasis Visual Basic for Application Excel.
2. Untuk membandingkan keefektifan berupa ketepatan hasil perhitungan dimensi bantalan kayu dan bantalan beton blok tunggal yang diperoleh menggunakan program Visual Basic for Application Excel dengan perhitungan secara manual. 

1.5. Manfaat Penelitian 
Diharapkan dengan dibuatnya perangkat lunak perhitungan bantalan kayu dan beton blok tunggal berbasis Visual Basic for Application Excel ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dan pelaku ahli jasa konstruksi dalam melakukan perhitungan terhadap bantalan rel kereta api sehingga waktu pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi