Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

122. Pemodelan Hidrolika Di Sungai Progo Menggunakan Sms 10.1

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Aliran sungai berasal dari daerah gunung api biasanya membawa material vulkanik yang  dapat terendap sepanjang alur sungai tergantung kecepatan aliran dan kemiringan sungai yang curam (Soewarno, 1991).
Sungai Progo adalah sebuah sungai yang mengalir di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai ini bersumber dari lereng Gunung Sumbing yang melintasi kearah Tenggara dan bermuara di Pantai Trisik Kabupaten Bantul, panjang sungai utama ± 138 km dan luas DAS 2830 km2 (Mananoma dkk., 2003). Sungai progo menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Masyarakat memanfaatkannya sebagai sumber air bersih irigasi, tempat wisata dan juga penambangan pasir.
Salah satu permasalahan yang terjadi di Sungai Progo adalah terbentuknya endapan sedimen di bagian hilir sungai yang menyebabkan perubahan morfologi sungai dalam waktu relative singkat. Endapan sedimen tersebut diakibatkan oleh sedimen suplai yang berlebih dari letusan Gunung Merapi 2010. Perubahan morfologi sungai akan merubah kondisi hidrolika aliran seperti ketinggian muka air, kecepatan aliran, dan tegangan geser. Hidrolika aliran berperan penting dalam proses agradasi / sedimentasi dan degradasi / erosi dasar sungai (Manonama dkk.,
2003). Memperhatikan kondisi tersebut, guna mengetahui potensi kerusakan yang diakibatkan oleh perubahan  morfologi  sungai  3  maka perlu  dilakukan  analisa hidrolika dan pergerakan sedimen yang terjadi setelah erupsi Merapi 2010 pada Sungai Progo (Harsanto dkk., 2015).

1.2    Identifikasi Masalah
Masalah yang terjadi di Sungai Progo mengenai perubahan morfologi sungai akan merubah kondisi hidrolika aliran seperti ketinggian muka air, kecepatan   aliran,   dan   pola   aliran.   Berdasarkan   masalah   tersebut  penulis menggunakan  software  SMS  10.1  (Surface  Water  Modeling  System)  untuk merumusan masalah seperti berikut ini :
1.   Bagaimana perubahan hidrolika aliran baik pola,arah,dan kecepatan arus Sungai   Progo   pada  groundsill   Ngapak   hingga   groundsill   Bantar Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi wilayah Nanggulan dan Wates.

1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian hidrolika ini adalah untuk mengetahui perubahan hidrolika aliran di wilayah sesudah groundsill Ngapak sampai sebelum groundsill Bantar di sungai progo seperti :
a.   Ketinggian muka air, b.   Kecepatan aliran,
c.   Pola aliran sungai.

1.4    Manfaat
Manfaat dari penelitian angkutan sedimen ini adalah sebagai berikut :
a.   Dapat memberikan informasi tentang besarnya perubahan pada hidrolika aliran Sungai Progo.
b.   Dapat   dimanfaatkan   sebagai   refrensi   untuk   memprediksi   perubahan Sungai Progo.

1.5     Batasan Masalah
Pada penelitian ini permasalahan penulis batasi pada beberapa hal berikutini.
a.   Segmen sungai yang diteliti mulai groundsill Ngapak hingga groundsill
Bantar ( Gambar 1.1 ).
b.   Penelitian ini dibatasi dengan tidak adanya bangunan struktur di sepanjang area pemodelan.
c.   Pada penelitian ini hanya meninjau pola hidrolika dan tidak meninjau pola erosi sedimentasi sungai.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi