Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

142. Pengaruh Aspal Dan Ukuran Karet Bekas Terhadap Modulus Elastisitas Lapisan Balas Terstabilisasi

BAB I 
PENDAHULUAN


1.1.   Latar Belakang
Transportasi yang tersedia saat ini dianggap belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat  Indonesia, terutama pada transportasi darat  yang setiap harinya memiliki masalah yang semakin kompleks. Daya angkut yang terbatas, kemacetan, polusi udara, kurangnya lahan parkir, hingga terjadinya kecelakaan adalah masalah yang kerap kali terjadi. Oleh karena itu, kereta api diharapkan dapat   menjadi   solusi   terhadap  berbagai   permasalahan   yang   terjadi   pada transportasi jalan raya.
Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling menarik perhatian. Selain waktu  yang digunakan untuk menuju tempat tujuan menjadi lebih   efisien,   kapasitas   penumpang   juga   lebih  banyak,  serta   biaya   yang dikeluarkan lebih ekonomis. Hal ini yang menyebabkan banyaknya minat masyarakat untuk memilih moda transportasi kereta api, dibandingkan dengan moda transportasi darat
Infrastruktur kereta api berupa lapisan balas merupakan teknologi yang umum digunakan di Indonesia. Beberapa hal yang mendukung digunakannya lapisan balas adalah karena lebih praktis pada pembangunannya maupun perawatannya.  Namun  kenyataannya  struktur  balas  yang  ada  di  Indonesia  ini sangat mahal untuk biaya perawatannya dan belum stabil dalam menerima beban yang terus menerus dari kereta api, sehingga tidak sedikit dijumpai material balas yang bertebaran atau memencar dari jalur rel yang sebenarnya. Hal ini berdampak pada geometrik jalan rel yang tidak pada tempatnya, serta segala komponen substruktur akan lebih cepat terlepas, kebisingan meningkat dan tidak dapat meredam getaran yang maksimal. Akbatnya, fungsi balas untuk dapat menahan bantalan menjadi berkurang, serta berdampak pada keselamatan dan keamanan penumpang.
Penggunaan lapisan balas secara konvensional membuat beban dinamis

dan  statis  yang  diijinkan  untuk  melintas  menjadi  terbatas.  Oleh  karena  itu, dibutuhkan solusi untuk membuat balas lebih stabil dalam menerima beban, serta meningkatkan ketahanan yang lebih baik.
Melihat berbagai permasalahan pada lapisan balas, solusi yang dapat disarankan untuk perbaikan adalah dengan menambahkan penggunaan material bahan karet dan aspal. Penggunaan material tersebut diharapkan dapat meningkatkan kestabilan, ketahanan, dan kemampuan lapisan balas dalam melayani beban statis dan dinamis yang lebih tinggi.

1.2.   Rumusan Masalah
Pemaparan latar belakang diatas untuk mengemukakan rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian tugas akhir ini adalah sebagai berikut.
1.   Bagaimana pengaruh balas modifikasi terhadap volume pori ?
2.   Bagaimana pengaruh balas modifikasi terhadap nilai deformasi?
3.   Bagaimana pengaruh balas modifikasi terhadap nilai abrasi?
4.   Bagaimana pengaruh balas modifikasi terhadap nilai modulus elastisitas?

1.3.   Lingkup Penelitian
Penelitian  ini  membatasi  pembahasannya,  agar  lebih  terarah  dan  tidak keluar dari konten yang seharusnya. Beberapa batasan masalah adalah sebagai berikut:
1.   Balas yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Clereng, Kulon Progo.
2.   Karet bekas yang digunakan berasal dari ban bekas yang dipotong dengan ukuran 3/8” (tertahan saringan 3/8”) sebanyak 10% dari berat benda uji.
3.   Aspal yang digunakan adalah aspal penetrasi 60/70 dengan kadar 2% dari berat benda uji.
4.   Alat yang digunakan adalah ballast box, dengan dimensi 400 mm x 200 mm x 300 mm.
5.   Penelitian ini mencangkup tentang lapisan balas jalan kereta api, dan tidak mencangkup tentang pola operasi pada stasiun, kondisi tanah dasar pada lapisan substructure maupun segala komponen superstructure pada jalan rel. 

1.4.   Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengemukakan beberapa tujuan sebagai berikut.
1.   Menganalisis pengaruh balas modifikasi terhadap volume pori.
2.   Mengukur nilai deformasi pada balas modifikasi.
3.   Mengetahui abrasi pada balas modifikasi.
4.   Menghitung nilai modulus elastisitas pada balas modifikasi.

1.5    Manfaat Penelitian
Manfaat modifikasi balas dengan menggunakan material karet ban bekas dengan ukuran 3/8” dengan aspal pada lapisan balas adalah sebagai berikut :
1. Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran yang ditimbulkan oleh karet bekas yang sudah tidak terpakai.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi Menteri Perhubungan dalam memperbaiki lapisan balas pada jalan rel di Indonesia.
3. Sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya tentang modifikasi lapisan balas pada jalan rel.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi