Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

125. Penalaan Power System Stabilizer (Pss) Menggunakan Genetic Algorithm

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Power System Stabilizer (PSS) adalah alat kendali tambahan yang digunakan pada sistem eksitasi generator sinkron untuk meredam osilasi elektromekanik pada generator  yang  timbul  akibat  gangguan  dan  perubahan  beban  yang  terjadi  pada sistem tenaga listrik.
PSS  meredam   osilasi  pada  rotor  generator   dengan   memberikan   sinyal tambahan yang memproduksi torsi elektrik yang sefasa dengan deviasi kecepatan rotor untuk mengembalikan rotor ke kecepatan sinkron. Dalam menghasilkan torsi redaman, PSS bekerja dengan mengolah sinyal input berupa daya output generator, frekuensi output dan sudut daya [1].
Dalam penggunaannya, parameter-parameter PSS harus di tala (tuning) agar kinerjanya sesuai dengan kebutuhan serta cocok dengan karakter sistem tenaga yang dikendalikannya, sehingga mampu menstabilkan generator saat terjadi perubahan pembebanan [2].
Secara luas, penalaan PSS dilakukan dengan penentuan parameter yang membuat PSS bekerja pada kondisi yang sudah diramalkan saja, hal ini membuat PSS tidak bekerja dengan baik saat bekerja diluar kondisi yang sudah ditentukan. Genetic Algorithm sebagai kecerdasan buatan cocok untuk menyelesaikan permasalahan ini, karena dapat memperluas wilayah kerja PSS sekaligus mempersingkat penghitungan, sehingga dapat menghasilkan satu set parameter penalaan PSS yang efektif untuk segala kondisi pembebanan pada sistem tenaga [3].
Pada  tugas  akhir  ini,  penulis  memilih  PLTU  2  SUMUT  Pangkalan  Susu sebagai lokasi penelitian karena pembangkit tersebut masih baru dan sistem eksitasi 
generatornya sudah memakai PSS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam penalaan PSS pada pembangkit lain yang akan dibangun, khususnya Pembangkit Unit 3 dan 4 PLTU Pangkalan Susu yang akan segera rampung pada beberapa tahun kedepan.

1.2 Perumusan Masalah
Dalam tugas akhir ini dirumuskan beberapa masalah, yaitu:
1.   Bagaimana cara meningkatkan stabilitas sistem tenaga menggunakan PSS
serta cara penerapannya di PLTU 2 SUMUT Pangkalan Susu?
2.   Bagaimana  cara  yang  tepat  untuk  menerapkan  Genetic  Algorithm  agar dapat  digunakan  untuk  penalaan  PSS  pada  PLTU  2  Sumut  Pangkalan Susu?

1.3 Tujuan
Tujuan dari tugas akhir ini adalah:
1.   Menerapkan metode Genetic Algorithm pada penalaan PSS dengan studi kasus di PLTU 2 Sumut Pangkalan Susu
2.   Membandingkan stabilitas sistem tenaga saat sebelum dan sesudah PSS ditala menggunakan Genetic Algorithm

1.4 Batasan Masalah
Batasan masalah dalam tugas akhir ini adalah:
1. Kestabilan yang diteliti adalah small signal stability
2. Analisis   dan   percobaan   disimulasikan   menggunakan   software   Matlab (Simulink)

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi