Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

70. Manajemen kurikulum tahfizul qur’an di Pondok Pesantren al-Ma’ruf

ABSTRAK

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam berbasis masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadu dengan jenis pendidikan lainnya. Pondok pesantren secara luas mengkaji tentang pendidikan agama Islam. Di dalamnya, kita bisa mendapat  berbagai  ilmu  keislaman  yang  sangat  banyak.  Santri  tidak hanya mengaji di pondok, tetapi juga mengikuti sekolah umum sesuai dengan tingkatnya dan diperlukan sebuah manajemen kurikulum tahfizul Qur’an yang baik pada Pondok pesantren Al-Ma’ruf.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum tahfizul  Qur’an  di Pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di Pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkumpul terkait manajemen pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Ma’ruf secara kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1). Perencanaan pembelajaran melalui rencana pelaksanaan dalam pembelajaran. 2). Pelaksanaan  pembelajaran  tahfizul  Qur’an  di  Pondok  pesantren  Al- Ma’ruf menggunakan metode sorogan dan muraja’ah, teknik bimbingan dan setor hafalanya  bergantian  dalam satu ruangan, adapun  waktunya adalah pagi hari setelah shalat subuh, dan malam hari setelah shalat isya’, untuk sore hari digunakan untuk mengaji kitab kuning, sarana yang digunakan adalah Al-Qur’an Mushaf Ustmani 3). Evaluasi pembelajaran tahfizul Qur’an  di pondok pesantren Al-Ma’ruf di bagi menjadi 3 bagian yaitu: a.  Evaluasi  harian,  b.  Evaluasi  mingguan,  c. Evaluasi  bulanan. Adapun  aspek yang dinilai  yaitu  : aspek kelancaran  hafalan,  tahsinul Qur’an, tajwid.
Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Tahfizul Qur’an

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi