Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

136. Studi Sistem Pengaman Motor Induksi Tiga Phasa 6 Kv 1250 Kw yang Digunakan Sebagai Mesin Penggerak Pada Circulating Water Pump di PLTU

BAB I 
PENDAHULUAN 

Perkembangan kebutuhan tenaga listrik demikian pesatnya seiring dengan begitu cepatnya kemajuan pada industri. Sistem tenaga listrik yang handal merupakan faktor utama dalam kelancaran produksi pada pabrik karena sebagian besar pabrik telah menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama mesin- mesin produksi.
Selain motor listrik setiap pabrik juga mempunyai beberapa genset sebagai sumber daya listrik cadangan apabila ada gangguan suplay tenaga listrik dari perusahaan listrik negara. Apabila terjadi gangguan pada salah satu mesin listrik, genset,  atau  transformator  maka  mempengaruhi  peralatan  listrik  yang  lain sehingga proses produksi akan terhenti dengan demikian akan menyebabkan kerugian yang besar pada perusahaan. Akibat dari kerusakan pada sistem kelistrikan, perusahaan membutuhkan waktu lama untuk memperbaiki peralatan yang mengalami kerusakan, untuk sementara pabrik tidak dapat beroperasi sehingga perusahaan mengalami penundaan penjualan hasil produksi. Hal tersebut dapat dihindari dengan memasang sistem pengaman yang bertujuan melindungi mesin-mesin yang digunakan untuk produksi.
Pengaman  motor  listrik  terhadap  beban  lebih  maupun  hubung  singkat dapat menggunakan rele arus lebih dengan karakteristik invers. Motor listrik dengan daya dibawah 10 HP dapat menggunakan rele arus lebih dengan elemen thermal untuk proteksi arus lebih dan dikombinasikan dengan sekring lebur untuk proteksi hubung singkat. Pada arus yang besar, sekring lebur lebih cepat bekerja daripada rele arus lebih dengan elemen thermal.
Motor induksi tiga phasa merupakan motor arus bolak-balik yang paling banyak digunakan di perindustrian, karena memiliki beberapa keuntungan antara lain; konstruksi motor ini kuat, sederhana, mudah pemeliharaannya dan harganya yang relatif murah. Selain itu motor induksi mempunyai efisiensi yang baik dan putaran konstan untuk setiap perubahan beban. 

1.2      Tujuan Dan Manfaat Penulisan
Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
1.        Untuk memenuhi persyaratan  kelulusan Sarjana di Departemen Teknik
Elektro Program Sarjana Ekstensi Universitas Sumatera Utara
2. Untuk mempelajari dan   memahami tentang cara kerja sistem pengaman pada motor induksi tiga phasa.
3. Memberi masukan kepada mahasiswa tentang penerapan cara kerja sistem pengamanan motor listrik induksi tiga phasa pada circulating water pump di PLTU PT. Kowepo Sumsel

1.3      Batasan Masalah
Rumusan pembatasan permasalahan yang akan dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah bagaimana sistem kerja pengaman beban lebih dan hubung singkat pada motor induksi tiga phasa, penulis tidak membahas tentang pengaturan kecepatan, pada motor induksi tiga phasa.

1.4      Metodologi Penulisan
Metodologi penulisan yang digunakan oleh penulis dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah :
1. Studi Literatur,  yaitu membaca teori-teori  yang berkaitan dengan topik Tugas Akhir yang terdiri dari buku-buku referensi baik yang dimiliki oleh penulis atau dari perpustakaan dan internet.
2. Studi  Bimbingan,  yaitu  melakukan  diskusi  dengan  Dosen  Pembimbing yang telah ditunjuk oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro.
3. Mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penulisan tugas akhir ini dari perusahaan atau pabrik tempat penelitian yang akan dilakukan penulis dalam hal ini penulis menggunakan data dari PLTU PT. Kowepo Sumsel.

1.5      Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pemahaman terhadap tugas akhir ini maka penulis menyusun sistematika penulisan sebagai berikut:

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi