Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

71. Asas Kebebasan Berkontrak Terhadap Perjanjian Jual Beli Komoditi Hasil Pertanian

 ABSTRAK

Sistem hukum perjanjian dibahas sejumlah asas hukum berdasarkan asas yang terdapat di perjanjian dibangun berdasarkan asas-asas hukum tersebut. Kebebasan  berkontrak  merupakan   salah   satu   asas   penting   dalam   hukum perjanjian. Hukum perjanjian di Indonesia menganut beberapa asas, antara lain: asas kebebasan mengadakan perjanjian (partij otonomi), asas konsensualisme (persesuaian kehendak), asas kebiasaan, asas kekuatan mengikat, asas persamaan hukum, asas keseimbangan, asas kepentingan umum, asas moral, asas kepatuhan, asas perlindungan bagi golongan yang lemah, dan asas sistem terbuka.

Metode  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  yaitu  metode  penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Penelitian hukum normatif adalah penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data skunder,  sedangkan  bersifat deskriptif  artinya penelitian  ini dilakukan dengan melakukan tinjauan  kelapangan guna mendapatkan data  tambahan. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (library research ) dan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan studi dokumen dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisa data sekunder dan data primer dengan memakai metode penelitian deduktif dan didukung juga oleh metode penelitian induktif untuk mendapatkan jawaban dari masalah yang di ajukan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas jual beli komoditi hasil pertanian  sayur  mayur  di  desa  Seberaya,  Kecamatan  Tiga  Panah,  Kabupaten Tanah Karo yang dilakukan oleh petani dan para pedagang besar atau agen pengumpul diawali dengan membangun kesepakatan, dimana kesepakatan yang dibangun  memberikan kebebasan kepada para pihak untuk  mengadakan  suatu perjanjian yang berisikan syarat-syarat perjanjian macam apapun, sepanjang perjanjian di buat secara sah dan beritikad baik, tidak melanggar ketertiban umum dan kesusilaan. Kebebasan ini adalah perwujudan dari kehendak bebas, pancaran hak dan hak asasi manusia. Asas kebebasan berkontrak menurut hukum perjanjian Indonesia meliputi ruang lingkup kebebasan untuk membuat atau tidak membuat perjanjian,   kebebasan   untuk   memilih   pihak   dengan   siapa   akan   membuat perjanjian, kebebasan untuk menentukan atau memilih kausa dari perjanjian yang dibuatnya, kebebasan untuk menentukan obyek perjanjian. Kebebasan untuk syarat-syarat suatu perjanjian, termasuk kebebasan untuk menerima atau menyimpangi ketentuan undang-undang yang bersifat opsional (aanvullend, optional).

Kata Kunci : Kebebasan kontrak jual beli hasil pertanian

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi