Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

80. Perlindungan Hukum Terhadap Penyajian Makanan Bagi Narapidana Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

 ABSTRAK

Narapidana adalah terpidana yang menjalani pidana hilang kemerdekaan di Lembaga Permasyarakatan. Negara berhak menghukum, akan tetapi narapidana juga berhak mendapatkan makanan sebagai kebutuhan pokok hidup sehari-hari. Makanan    tidak dapat  secara  sembarangan  disajikan  kepada  konsumen tanpa adanya izin yang menyatakan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Makanan dikatakan sehat apabila telah memenuhi persyaratan seperti yang ditetapkan oleh Pemerintah atau Menteri Kesehatan. Perlindungan konsumen adalah segala upaya  yang menjamin adanya kepastian hukum untuk membe ri perlindungan kepada konsumen   dalam hubungan dan masalahnya dengan para penyedia barang dan/atau jasa konsumen. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengkaji dan menjawab bagaimana pengaturan penyajian makanan bagi narapidana dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, bagaimana Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Medan menyajikan makanan bagi para narapidana, dan bagaimana tanggung jawab perdata negara terhadap makanan buat narapidana yang tidak memenuhi angka kecukupan gizi.

Metode Penelitian dalam skripsi ini menggunakan  yuridis normatif dan yuridis empiris dengan sifat penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan data primer, skunder, dan tersier yang berdasarkan norma hukum yang berlaku dan studi wawancara ke lapangan (Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Medan).

Pelaksanaan penyajian makanan bagi narapidana yang berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan   Kelas II A Medan bahwa, pengolahan dan penyajian makanan terhadap narapidana sudah cukup berjalan sesuai dengan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 40 Tahun 2017  tentang  “Pedoman  Penyelenggaraan  Makanan  bagi  Tahanan,  Anak,  dan Narapidana. Pengawasan terhadap makanan yang diedarkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Medan dilakukan oleh Kepala Lapas itu sendiri, dan Direktorat Jenderal. Pengawasan juga dilakukan oleh pelaku usaha atau pengolah makanan dan konsumen itu sendiri yang bertujuan agar makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang layak. Tanggungjawab perdata negara terhadap makanan buat narapidana yang tidak memenuhi angka kecukupan gizi    akibat dari suatu perbuatan    yang dilakukan karena salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya   merupakan  perbuatan   melawan   hukum   yang   mengakibatkan kerugian pada Negara. Negara wajib menanggung kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan orang-orang yang ada dibawah tanggungannya dan sepanjang unsur - unsur pasal 1365 KUHPerdata     terpenuhi, maka kesempatan konsumen untuk menuntut pemenuhan hak-haknya senantiasa terbuka.

Kata    Kunci    :   Perlindungan   konsumen,   Penyajian   Makanan,    Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Medan.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi