Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

213. Pelajaran Sholat Melalui Komputer Untuk Anak-anak


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah

Teknologi informasi telah menghantarkan manusia pada satu tingkat peradaban baru, peradaban masyarakat informasi. Dan di dalam peradaban informasi ini masyarakat dituntut untuk lebih peka dan lebih teliti dalam memilih dan mencerna jenis informasi yang akan mereka terima, sehingga mereka tidak terseret oleh arus informasi itu sendiri. Salah satu hal yang dapat digunakan untuk memfilter informasi yang masuk yaitu dengan agama. Karena agama itu sendiri telah mengajarkan kepada umatnya untuk berbuat baik dan menjauhi segala bentuk perbuatan jahat.

Sering kali dalam dunia teknologi informasi seperti saat ini masyarakat menelantarkan ajaran agama dan lebih memperhatikan urusan duniawi. Dan kalau hal ini terus dibiarkan maka bukan tidak mungkin moral generasi muda yang seharusnya menjadi tumpuan harapan keluarga, bangsa bahkan negara malah menjadi semakin rusak, karena mereka tidak mengenal dan awam akan ajaran agama. Dalam kasus ini tidak hanya lingkungan yang mempengaruhi moral seseorang tapi juga keluarga, dalam hal ini orang tua khususnya dituntut untuk lebih memperhatikan perkembangan rohani anak-anaknya, karena mereka jauh lebih dekat dan lebih mengenal karakter dan tingkah laku anak-anak mereka.
Kebanyakan dari orang tua saat ini, terutama di kota-kota besar. Para orang tua hanya sibuk oleh pekerjaan mereka sendiri, sedangkan untuk memperhatikan perkembangan jiwa anak mereka sepenuhnya diserahkan kepada tempat penitipan anak atau TK-TK saja. Sebenarnya ini cukup baik, namun ikatan batin seorang anak terhadap orang tuanya akan berkurang dan semakin berkurang. Dan akhirnya akan berpengaruh pada kepribadian dari anak-anak mereka, anak-anak mereka akhirnya akan merasa agak segan untuk meminta atau menyampaikan sesuatu keopada orang tua mereka sendiri.

Berdasarkan alasan di atas dan guna membantu para orang tua dan pendidik dalam usaha membentuk sebuah jiwa yang beriman terhadap anak-anak mereka. Maka dirancanglah sebuah sistem pembelajaran rohani yang dikemas dalam suatu sistem informasi yang diberi judul “Pelajaran Sholat Melalui Komputer Untuk Anak-anak”. Sistem pembelajaran ini dikhususkan untuk anak-anak, jadi dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan oleh anak-anak.

1.2. Pokok Masalah

Pokok permasalahan kenapa mengangkat masalah sholat ini, karena sholat merupakan salah satu dari teknik untuk mendidik kepribadian seseorang sehingga ia akan merasa lebih dekat dengan-Nya. Dengan demikian diharapkan agar ia lebih bisa membedakan antara yang baik dan buruk untuk dirinya maupun orang lain.

1.3. Batasan Masalah

Mengingat jenis sholat itu tidak hanya terbatas pada satu jenis saja, maka di sini saya hanya akan membatasinya pada hal-hal berikut ini saja:
1. Informasi tata cara gerakan sholat yang benar.
2. Informasi bacaan sholat yang benar.
3. Informasi bacaan niat sholat dan wudhu yang benar.
4. Informasi gerakan wudhu yang baik
5. Informasi umum seputar sholat dan wudhu.
6. Informasi waktu sholat.

1.4. Maksud Dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari perancangan program ini adalah untuk memperkenalkan dunia komputer kepada anak sekaligus untuk mengajarkan kepada mereka bagaimana sholat yang baik itu. Dengan adanya program ini nantinya diharapkan nantinya anak-anak bisa lebih mendekatkan diri pada Sang penciptanya. Dengan demikian diharapkan mereka mampu membedakan tiap hal kehidupan dalam dua penilaian, yaitu baik dan buruk.

1.5. Metode Pengumpulan Data

Cara-cara yang digunakan untuk pengumpulan data dan informasi yang mendukung kelengkapan serta kelancaran dalam penyelesaian Tugas Akhir yang berjudul “Pelajaran Sholat Melalui Komputer Untuk Anak-Anak” ini antara lain:
1. Mengumpulkan referensi dari buku-buku dan majalah-majalah tata cara tuntunan sholat.
2. Wawancara langsung kepada para orang tua dan pendidik, kesulitan apa saja yang sering mereka hadapi dalam memperkenalkan tata cara sholat kepada anak-anak mereka.

1.6. Sistematika Penulisan

Sistematika yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Penjelasan mengenai tata cara sholat yang baik dan benar, mulai dari gerakan wudhu, sampai ke bacaan tiap gerakan dalam sholat.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah perancangan sistem yang dibuat, penjelasan sistem serta perancangan berkas yang dibutuhkan dan perencanaan masukan dan rencana keluaran.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini dibahas tentang jalannya program dan manfaat dari sistem.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini akan dirangkum kesimpulan dan saran dari pembahasan yang telah disajikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi