Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

271. Sistem Penjualan Tas Berbasis Web Pada Perusahaan Borobudur Production Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar belakang Masalah
Borobudur Production merupakan bidang usaha yang bergerak di bidang pembuatan kerajinan tas. Dalam menjalankan usahanya diperlukan suatu pengaturan yang baik dan terarah, sehingga apa yang ditetapkan dapat tercapai. Seperti perusahaan-perusahaan perdagangan lainnya masalah pengelolahan data penjualan menjadi sangat penting. Karena dengan pengolahan data penjualan yang baik, akan dihasilkan informasi-informasi yang kemudian akan dipakai oleh pimpinan perusahan dalam menentukan perencanaan dan pengembangan perusahan berikutnya. Hal ini berkaitan dengan usaha pimpinan perusahaan dalam mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang timbul.

Bersamaan dengan berkembangnya suatu perusahaan tentu semakin kompleks pula masalah pengolahan penjualan barang. Dengan demikian akan semakin menambah pekerjaan untuk segera diselesaikan dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu untuk dapat menyelesaikan pencatatan transaksi dengan cepat dan tepat, maka dibutuhkan adanya suatu sistem pengolahan data yang baik, dan komputer merupakan sarana teknologi informasi yang tepat untuk mengolah data yang bersifat rutin, karena disamping mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi, kecepatan dalam proses data dan daya tampung pengingat yang besar dan hemat dalam tenaga dan waktu, komputer juga memberikan kemudahan dalam menangani pengolahan data yang kompleks yang dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan sebagai dasar keputusan dari seorang pimpinan.
Keberadaan internet yang walaupun masih merupakan industri baru yang dalam fase pertumbuhannya masih terus berubah, telah memperkokoh keyakinan akan pentingnya peranan teknologi dalam pencapaian tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis, yaitu dengan memanfaatkan e-commerce.

Kemampuan internet untuk menjangkau pelanggan baru dan penghematan biaya yang cukup signifikan untuk distribusi dan pelayanan pelanggan merupakan keuntungan yang bisa didapat perusahaan dengan menggunakan sistem e-commerce. Pembelian dengan menggunakan sistem e-commerce adalah menggabungkan antara pemesan dan pembayaran secara on-line. Ini adalah termasuk kategori yang paling cepat pertumbuhannnya dan paling menarik bagi pasaran di internet.
Terdapat dua cara kerja pada program ini, yaitu terdiri dari sistem kerja dari administrator dan sistem kerja web. Sistem kerja pada administrator adalah untuk melakukan proses input barang, edit barang, delete barang dan proses pengiriman barang serta dapat menampilkan berbagai laporan yang ada dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi. Sedangkan sistem kerja dari web itu sendiri adalah untuk menampilkan produk-produk yang dijual dan untuk melakukan proses transaksi pembelian yang dilakukan oleh pengunjung dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Sistem on-line perlu memahami tentang inventori, biaya pengiriman dan kesempatan penjualan yang tepat. Pemesanan melalui situs web harus menuju jalur yang benar dalam sistem logistik perusahaan. Aturan harga dan konfigurasi produk perlu dikembangkan dan sebagian dibuat otomatis.
Membuat situs web terhadap pendapat berarti menghubungkan situs web secara langsung dengan jantung perusahaan atau interaksi dengan pelanggan. Situs web menyediakan konsumen dengan informasi yang murah dan mudah didapat.
Perdagangan electronik (E-Commerce) tumbuh begitu cepat tanpa mengabaikan banyaknya alternatif pembelian lain bagi bisnis dan konsumen. Satu-satunya jalan bagi e-commerce untuk dapat terus tumbuh adalah jika penjualan on-line unggul dalam fundamental yang diharapkan pembeli. E-commerce tumbuh seiring dengan kemampuannya untuk menghantar dengan lebih baik hal-hal berikut ini :
a) Harga (price) : pembelian on-line yang lebih murah dan praktis daripada dengan menggunakan metode tradisional.
b) Jumlah pilihan (assortment) : ragam produk lebih sesuai dengan keinginan pembeli.
c) Kenyamanan (convinrence) : waktu, lokasi dan proses pembelian lebih baik dan cepat.
d) Hiburan (entertainment) : membeli secara on-line seharusnya lebih menyenangkan.
Semua dasar penjualan ini menghadirkan peluang bagi e-commerce untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, menghantarkan nilai PACE (Price, Assortment, Convinrence dan Entertainment) yang lebih tinggi, ketika semuanya dipuaskan, maka dijamin e-commerce akan mencapai kesuksesan.

1.2 Pokok Masalah
Pengembangan aplikasi ini dititik beratkan pada permasalahan web database dan mencatat informasi dari setiap transaksi pembelian untuk sistem penjualan tas berbasis internet di perusahaan Borobudur Production.

1.3 Batasan Masalah
Kegiatan yang ada pada PT. Borobudur Production ini sangat kompleks, sehingga dalam penulisan skripsi ini hanya membatasi pada sub bidang kegiatan penjualan tas berbasis web.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, maka dapat disusun suatu sistem yang sesuai dengan batasan sebagai berikut :
a) Pada program ini, data yang diolah adalah data yang hanya sesuai dengan transaksi penjualan tas yang berbasis web di PT. Borobudur Production.
b) Pada program ini, dianggap telah ada kerja sama antara perusahaan dengan biro ekspedisi pengiriman barang.
c) Pada program ini, dianggap telah ada kerja sama antara perusahaan dengan issuer (institusi finansial terpercaya yang mengeluarkan kartu bank, seperti Visa, Master Card dan lain sebagainya).
d) Pada program ini, dianggap telah ada kerja sama antara perusahaan dengan cardholder (sarana pemegang sah kartu bank yang sudah terdaftar di issuer tadi). Cardholder biasanya merupakan software yang mendukung sistem e-commerce.
e) Pada program ini, dianggap telah ada kerja sama antara perusahaan dengan acquirer (institusi finansial tertentu yang mendukung merchant dengan menyediakan servis untuk memproses transaksi kartu bank tersebut).
f) Pada program ini, dianggap telah tersedia payment gateway.
Payment gateway merupakan sistem (biasa sebuah server dengan software tertentu) yang menyediakan servis on-line e-commerce ke merchant. Payment gateway ini diperlukan oleh acquirer untuk mendukung berlangsungnya proses otorisasi dan memonitor proses transaksi yang berlangsung.
g) Pada program ini, dianggap telah ada Certification Authority, yaitu komponen infrastruktur yang menandai public key milik cardholder, merchant, acquirer dan payment gateway mereka.

1.4 Tujuan Penulisan Karya Tulis
Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk membantu mengatasi permasalahan dalam proses pengolahan sistem penjualan tas di perusahaan Borobudur Production, sehingga diharapkan dengan bantuan komputer dapat mempermudah seseorang untuk dapat melihat atau membeli tas yang disukainya melalui internet, selain itu juga akan membantu pihak perusahaan dalam mempromosikan produk-produk tas yang dimilikinya.

1.5 Metode Pengumpulan Data
a) Observasi
Pengumpulan data dilakukan dengan survei atau melihat langsung ke situs-situs e-commerce yang telah ada.
b) Studi Pustaka
Metode ini ditujukan untuk memperoleh referensi yang mendukung kearah penyelesaian dari permasalahan yang ada dan untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan keseluruhan karya tulis secara baik.

1.6 Sistematika Penulisan Karya Tulis
Sistematika dalam penulisan skripsi “Sistem Penjualan Tas Berbasis Web Pada Perusahaan Borobudur Production” adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II DASAR TEORI
Pada bab ini akan dibahas tentang tinjauan umum, sistem kerja, internet, World Wide Web (WWW), HyperText Markup Language(HTML), PHP sebagai scripting language yang digunakan dan Delphi dan kartu kredit yang digunakan sebagai metode pembayaran yang digunakan.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah perancangan sistem yang dibuat, mulai dari pembuatan diagram arus data, diagram alir sistem, hubungan antar relasi, penjelasan sistem serta perancangan berkas yang dibutuhkan dan perancangan keluaran.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN SISTEM
Bab ini membahas tentang spesifikasi program.
BAB V PENUTUP
Dalam bab penutup ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang ada kaitanya dengan “Sistem Penjualan Tas Berbasis Web Pada Perusahaan Borobudur Production.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi