Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

61. Analisis Tingkat Kesehatan Bank Pada Pd. Bpr Bank Pasar Kabupaten Tegal Tahun 2004-2006


Abstraksi


Menurut UU No.7 Tahun 1992 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal merupakan lembaga perbankan milik Pemerintah Daerah yang kegiatan usahanya melaksanakan dan memperluas pemberian pinjaman bagi pedagang, pengusaha golongan ekonomi lemah yang produktif dan pegawai negeri maupun pegawai swasta serta para bakul di pasar-pasar dan di desa-desa. Tujuan PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal adalah untuk mendukung program pemerintahan yaitu ikut berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Tegal, mencegah semakin banyaknya kredit liar di pasar dan menambah kontribusi pendapatan daerah yang berasal dari laba perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tingkat kesehatan dan menganalisa apakah PD.Bank Pasar Kabupaten Tegal telah memenuhi kriteria bank sehat yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, wawancara dan kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif untuk menilai tingkat kesehatan Permodalan, Kualitas Aktiva Produktif, Rentabilitas, Likuiditas dan analisis kualitatif untuk menilai tingkat kesehatan Manajemen.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa permodalan pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal tahun 2004-2006 sehat artinya bank mampu untuk mempertahankan pengelolaan terhadap modal sendiri dan aktiva-aktiva yang mengandung resiko, serta mampu untuk menutup kerugian atas kredit yang diberikan. Untuk KAP pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal menunjukkan adanya penurunan pada tahun 2006 karena adanya penyaluran kredit yang cukup tinggi dan menyebabkan naiknya cadangan yang wajib dibentuk oleh bank akibat dari beberapa pengembalian kredit yang kurang lancar, diragukan dan macet.

PPAP yang dibentuk tidak sebanding dengan cadangan aktiva yang harus dibentuk akibat dari sebagian debitur tidak dapat mengembalikan kredit sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Manajemen pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal menunjukkan adanya peningkatan pada tahun 2006 dibandingkan tahun sebelumnya karena kinerja manajemen pada bank mengalami peningkatan dalam mengatur strategi dalam usaha pencapaian tujuan bank dan pengaturan kegiatan operasional bank telah sesuai dengan prosedur yang berlaku. ROA pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal mengalami penurunan pada tahun 2006 karena biaya operasional yang ditanggung bank tidak seimbang dengan pendapatan operasional yang diperoleh sehingga bank mengalami kerugian yang dipengaruhi oleh biaya bunga, biaya administrasi dan umum, biaya personalia, dan biaya PPAP. BOPO juga mengalami penurunan karena pendapatan operasional yang dihasilkan bank lebih kecil daripada biaya operasional yang ditanggung oleh bank. Cash Ratio pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal tahun 2004-2006 sehat berarti bank memiliki kemampuan dalam mengelola asset yang digunakan untuk membayar kewajiban yang harus dibayar pada waktunya.

LDR juga mengalami kecenderungan peningkatan yang signifikan selama tahun 2004-2006 sehingga dana yang diterima oleh bank mengalami kenaikan baik dari tabungan, deposito berjangka, modal inti yang berarti kemampuan bank dalam menyalurkan kreditnya meningkat
Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa tingkat kesehatan pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal tahun 2004-2006 untuk komponen Capital, Management, Liquidity cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Untuk komponen Asset Quality dan Earning mengalami peningkatan pada tahun 2004-2005, tetapi pada tahun 2006 mengalami penurunan karena bank rugi. Adapun saran yang diberikan yaitu, PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Tegal segera melakukan pembentukan tim penagihan kredit yang tidak lancar kepada para nasabah dan menjual asset yang tidak produktif untuk menutup kerugian.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi