Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

9. Penggunaan Analisis Runtun Waktu Untuk Peramalan Penjualan Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal Dengan Bantuan Program Minitab


BAB I
PENDAHULUAN




A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini kita telah memasuki suatu sistim perekonomian bebas, dimana orang dengan bebas memproduksi barang dan dengan pula menggunakan uangnya untuk membeli barang yangdiinginkan. Hal ini akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat diantara perusahaan yang sejenis.

Dalam dunia usaha yang terus menerus berubah dengan cepat, seorang pimpinan harus mampu menganalisis lingkungan yang terus berubah tersebut dan memprediksi berbagai kemungkinan di masa depan. Kemampuan untuk meramal atau forecast masa depan usaha mereka akan menjadi penting bagi dasar pengambilan keputusan stategis untuk kelangsungan perusahaan. Forecast adalah peramalan apa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang (P. Subagyo, 2000:3). Forecast merupakan salah satu peranan yang sangat penting dalam perusahaan, misalnya pada bagian pemasaran yang selalu ingin mengetahui bagaimana volume penjualan suatu produk dimasa mendatang. Volume penjualan adalah jumlah yang terjual yang dinyatakan dalam satuan unit atau dalam rupiah dan biasanya unutk jangka periode tertentu (Alex S. Nitisemito, 1984:1).

Pada umumnya konsep pemasaran pada suatu perusahaan tidak lain adalah untuk mengetahui besarnya penjualan. Karena kemajuan suatu
perusahaan sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya produksi dan penjualan produk. Penjualan merupakan kegiatan ekonomis dimana dengan penjualan sebuah perusahaan akan memperoleh hasil / laba sesuai dengan yang dikeluarkan. Dari keterangan di atas maka terlihat betapa pentingnya fungsi penjualan bagi sebuah perusahaan. Dan untuk mengetahui besarnya penjualan saat ini atau yang akan datang diperlukan suatu sistem peramalan untuk memproyeksikan bagaimana dengan penjualan yang akan datang.

PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal adalah perusahaan perseroan yang dipimpin oleh seorang General Manager yang dibantu oleh beberapa staf kepala bagian. Perusahaan ini memproduksi kain dan benang yang nantinya akan dijadikan bahan baku sandang. Pada unit tersebut banyak arsip data yang memungkinkan untuk dilakukan proses peramalan dengan metode analisis runtun waktu.

PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal volume produksi lebih besar daripada volume penjualan sehingga perlu adanya pengaturan proses produksi. Salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya yaitu dapat dilihat dari sektor penjualan produk (kain dan benang). Melihat dari kenyataan yang ada, maka dalam rangka menunjang serta sebagai dasar untuk melihat perkembangan dan menentukan langkah strategi perusahaan, maka ramalan tentang besarnya penjualan pada beberapa tahun ke depan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan.

Ada beberapa metode analisis yang dapat digunakan untuk kegiatan peramalan salah satunya yaitu menggunakan metode runtun waktu. Runtun waktu adalah himpunan observasi berurut dalam waktu (atau dalam dimensi apa saja yang lain). Dalam peramalan dengan menggunakan analisis runtun waktu langkah pertama yang dilakukan adalah identifikasi model dari data kemudian estimasi parameter, setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi. langkah selanjutnya adalah peramalan dengan model yang telah dipilih.

Kebutuhan akan peramalan yang mendesak mengakibatkan perlunya penggunaan teknologi komputer yang akan mempercepat proses peramalan dan biasanya para pengambil keputusan membutuhkan waktu yang cepat untuk mengetahui hasil dari ramalannya. Untuk itu diperlukan bantuan teknologi komputer yang akan memepercepat proses peramalan tersebut.

Saat ini dipasaran telah ada beberapa software aplikasi komputer untuk membantu kita dalam melakukan peramalan cepat dan akurat, terutama yang menggunakan metode analisis runtun waktu. Salah satu software komputer yang mempunyai aplikasi untuk melakukan peramalan dengan metode analisis runtun waktu yaitu software Minitab. Software ini cukup kompleks dan lengkap untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berawal dari sinilah peneliti tertarik untuk mengkaji dan melakukan peramalan penjualan benang dan kain pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal dengan analisis runtun waktu dan menggunakan program Minitab 11 Bit sebagai alan Bantu. Program tersebut sangat membantu dalam melakukan proses peramalan terutama jika data runtun waktu yang cukup
panjang. Jika dilakukan dengan cara manual pasti akan memakan waktu yang cukup lama dan butuh ketelitian yang tinggi padahal kebutuhan akan hasil peramalan sangat mendesak dan sangat mempengaruhi terhadap keputusan yang diambil. Dengan bantuan program Minitab penyelesaiannya akan relative cepat dan tingkat ketelitian dalam perhitungan cukup tinggi.

Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang peramalan penjualan produk pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal dengan analisis runtun waktu dan bantuan program Minitab.

B. Permasalahan

Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah :
1. Model runtun waktu yang apa yang tepat pada data penjualan produk pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal yang diperoleh dengan program Minitab?
2. Bagaimana hasil peramalan tersebut dengan bantuan program Minitab untuk bulan Mei 2005 sampai Oktober 2006? 5

C. Tujuan Penelitian

Berdasarkan permasalahan diatas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1. Mengetahui model runtun waktu yang tepat pada data penjualan produk pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal yang diperoleh dengan bantuan program Minitab.
2. Mengetahui hasil peramalan pada model tersebut dengan bantuan program Minitab untuk bulan Mei 2005 sampai Oktober 2006.

D. Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
1. Mengetahui cara menentukan model runtun waktu yang tepat dengan data penjualan PT Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal untuk memperoleh hasil peramalan yang akurat.
2. Sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan dan mengambil kebijakan dalam perusahaan serta dapat mengetahui ramalan besarnya penjualan produk dari bulan Mei 2005 sampai Oktober 2006.

E. Sistematika Skripsi

Secara garis besar skripsi ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir.
1. Bagian awal terdiri dari

Halaman sampul, halaman judul, lembar pengesahan, motto dan persembahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, dan daftar lampiran.

2. Bagian isi terdiri dari
BAB I : Pendahuluan
Di dalam bab ini berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat, dan sistematika penulisan skripsi
BAB II : Landasan Teori
Di dalam bab ini berisi tentang gambaran umum PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal, Penjualan, Analisis Runtun Waktu, dan Software Minitab sebagai alat bantu peramalan.
BAB III : Metode Penelitian
Bab ini berisi tentang ruang lingkup dan metode pengumpulan data, serta metode analisis peramalan yang digunakan.
BAB IV : Hasil Penelitian dan Pembahasan
Dalam bab ini berisi tentang hasil penelitian yang telah dilakukan serta pembahasannya.
BAB V : Penutup
Dalam bab ini berisi tentang simpulan dan saran
3. Bagian akhir terdiri dari:
Daftar pustaka dari penelitian serta lampiran–lampiran dari pembahasan yang telah dilakukan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi