Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

82. Pengaruh Takaran Inokulasi Rhizobium dan Teknik Pemupukan Nitrogen di Lahan Sawah


ABSTRAK

Tanah sawah merupakan tanah yang digunakan untuk menanam padi sawah, yang memiliki sifat khas dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang tergenang. Jika tanah dalam kondisi tergenang persediaan oksigen menurun dengan cepat akibatnya jasad renik aerob akan menjadi tidak aktif lagi atau mati. Nitrogen merupakan hara esensial bagi tanaman yang sering kurang tersedia bagi lahan pertanian dan merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya tingkat produksikedelai. Salah satu cara penanggulangan dari permasalahan tersebut adalah inokulasi Rhizobium dan pemupukan nitrogen. Dalam hal ini pemberian inokulan Rhizobium dan pupuk nitrogen diharapkan mampu menyediakan unsur nitrogen dalam tanaman selama pertumbuhan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian inokulan Rhizobium dan pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai di lahan sawah setelah tanaman padi.

Penelitian dilaksanakan di Green House Balitkabi dan lahan sawah Jambigede pada bulan Mei sampai September 2006. rancangan percobaan yang digunakan adalah split plot (RPT) dengan 3 ulangan. Petak utama adalah inokulan Rhizobium yaitu I1 (Kontrol), I2 (Inokulasi takaran rekombinasi 5 g/kg benih), I3 (inokulasi 5x rekomendasi), sedangkan anak petak adalah pupuk nitrogen yaitu P1 (kontrol), P2 (50kg Urea/ha saat tanam), P3 (50kg Urea/ha saat bunga), P4 (25kg Urea/ha saat tanam + 25kg Urea/ha saat bunga), P5 (50 kg Urea/ha saat tanam + 50kg Urea/ha saat bunga).Parameter pertumbuhan yang diamati adalah tinggi tanaman, berat kering tanaman dan efektifitas Rhizobium (jumlah dan berat kering nodul efektif dan inefektif). Sedangkan komponen hasil yang diamati adalah jumlah polong isi dan hampa, berat biji pertanaman, berat kering100 biji dan berat kering biji (ton/ha).

Hasil penelitian menunjukkan Inokulasi Rhizobium tidak berpengaruh pada semua parameter pengamatan.sedangkan pupuk nitrogen berpengaruh pada variabel tinggi tanaman yaitu umur 21, 49, 63, dan 84 hst. Sedangkan untuk komponen hasil, pemberian pupuk nitrogen berpengaruh pada variabel jumlah polong isi, jumlah polong hampa, dan berat biji pertanaman. Selain itu terdapat interaksi antara kduanya pada parameter tinggi tanaman umur 35 hst, serta efektifitas Rhizobium yaitu pada jumlah dan berat nodul. Sedangkan untuk komponen hasil, interaksi ntara pemberian pupuk nitrogen dan inokulasi Rhizobium hanya berpengaruh pada berat kering 100 biji.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi